Anugrah Imani, M.Pd, Ph.D.
Ketua Program Studi
Program Magister (S2) Pascasarjana
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Dr. Pepi Siti Paturohmah, S.S., M.Pd.
Sekretaris Program Studi
Prodi S2 TBI yang baru membuka pendaftaran di awal tahun 2023 telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Departemen Pendidikan Nasional dengan nilai B (Baik) berdasarkan SK No: 410/SK/BAN-PT/Ak.P/M/X/2023.
Pengembangan kurikulum di Prodi S2 TBI dilakukan secara mandiri sesuai instruksi dari pimpinan Universitas yang melibatkan pemangku kepentingan internal dan eksternal dengan memperhatikan visi misi dan tujuan Prodi. Hal ini sesuai dengan standar mutu kurikulum di Pascasarjana UIN SGD Bandung, bahwa perubahan kurikulum selambat-lambatnya dikembangkan setiap 4 tahun sekali dan peninjauan setiap 2 tahun sekali oleh unit Komite Penjaminan Mutu (KPM) yang berada di Pascasarjana UIN SGD Bandung dan oleh seluruh stakeholder yang ada di Prodi S2 TBI.
Pengembangan kurikulum untuk Program Studi Magister Tadris Bahasa Inggris UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengacu pada Undang-undang Republik Indonesia nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Presiden RI Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), dan Permendikbud Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI pada Kurikulum Pendidikan Tinggi. Aspek substansial kurikulum KKNI ini berorientasi pada pendekatan pendidikan berbasis capaian pembelajaran (CP), yang pada dasarnya merupakan pengembangan dari pendekatan berbasis kompetensi. Karakteristik kurikulum berbasis kompetensi ini diperkuat dengan pengembangan kemampuan berpikir kritis. Dengan pendekatan berbasis CP ini, maka rumusan CP menjadi tumpuan penentuan isi kurikulum, proses pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran.
Program Studi Magister Tadris Bahasa Inggris (S2 TBI) UIN Sunan Gunung Djati Bandung didirikan dengan mengakomodasi kebutuhan dan tantangan perkembangan pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia pada masa kini dan masa depan. Informasi akan kebutuhan dan tantangan perkembangan pendidikan Bahasa Inggris ini mempertimbangkan masukan dari berbagai sumber, baik informasi dari media masa, pemerintah, alumni Pendidikan Bahasa Inggris, maupun pemangku kepentingan. Kurikulum Merdeka sebagai kebijakan pemerintah yang diterapkan di sekolah menjadi motivasi dalam menghasilkan guru yang capable dan profesional. Program Studi Magister Tadris Bahasa Inggris (S2 TBI) UIN Sunan Gunung Djati Bandung disusun dengan mengakomodasi kebutuhan dan tantangan perkembangan pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia pada masa kini dan masa depan. Informasi akan kebutuhan dan tantangan perkembangan pendidikan Bahasa Inggris ini mempertimbangkan masukan dari berbagai sumber, baik informasi dari media masa, pemerintah, alumni Pendidikan Bahasa Inggris, maupun pemangku kepentingan. Kurikulum Merdeka sebagai kebijakan pemerintah yang diterapkan di sekolah menjadi motivasi dalam menghasilkan guru yang capable dan profesional.
Menjadi pusat pengembangan Pendidikan Bahasa Inggris tingkat lanjut dengan ilmu ELT yang didukung oleh teknologi modern yang berbasiskan nilai-nilai Islami.
A. SIKAP: |
|
S1 |
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang tercermin dalam sikap dan perbuatan agamis; |
S2 |
menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan nilai-nilai budaya, agama, moral, dan etika; |
S3 |
siap berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
S4 |
siap berperan sebagai warga negara yang bangga akan dan mencintai tanah air, berjiwa kebangsaan, dan memiliki rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa; |
S5 |
menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, kepercayaan, pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
S6 |
bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; |
S7 |
taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; |
S8 |
menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
S9 |
menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; |
S10 |
menginternalisasi nilai-nilai ketakwaan, kemandirian, kecendekiaan, kejuangan, dan kewirausahaan. |
S11 |
memiliki sikap ilmiah, kritis, kreatif, dan inovatif dalam menemukan produk keilmuan melalui proses ilmiah. |
B. PENGETAHUAN: |
|
P1 |
menguasai teori pendidikan, kebahasaan, dan mengaplikasikannya di sekolah dan perguruan tinggi; |
P2 |
menguasai prinsip dasar pengembangan kurikulum Bahasa Inggris pada semua tingkatan pembelajaran Bahasa Inggris; |
P3 |
menguasai konsep, prinsip dan aplikasi teknologi untuk pengembangan pengajaran dan pembelajaran Bahasa Inggris pada Program studi Pendidikan Bahasa Inggris |
P4 |
menguasai prinsip dasar media pembelajaran dan informasi komunikasi teknologi (ICT) yang tepat untuk pengembangan pengajaran dan pembelajaran Bahasa Inggris |
P5 |
menguasai skills dan kajian Bahasa Inggris dan pengembangannya untuk pengajaran dan pembelajaran Bahasa Inggris |
P6 |
menguasai prinsip pengembangan penilaian dan evaluasi pembelajaran Bahasa Inggris pada Program studi Pendidikan Bahasa Inggris |
P7 |
menguasai prinsip penelitian inovatif dan aplikasinya untuk memecahkan permasalahan pendidikan Bahasa Inggris |
P8 |
menguasai tata cara publikasi ilmiah baik secara lisan maupun tulisan dalam lingkup nasional dan internasional |
P9 |
menguasai konsep integritas akademik, dalam hal jenis plagiarisme, konsekuensi pelanggaran, dan upaya pencegahannya |
C. KETERAMPILAN UMUM: |
|
KU1
|
mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam konteks pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai dengan bidang pendidikan Bahasa Inggris |
KU2
|
mampu menyusun karya ilmiah dengan menerapkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, dan mempublikasikan artikel dalam jurnal keilmuan terakreditasi tingkat nasional dan internasional |
KU3
|
mampu melakukan kajian akademik dalam menyelesaikan masalah pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah dan masyarakat melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya |
KU4
|
mampu mengembangkan gagasan, pemikiran, dan argumen secara sistematis dan bertanggung jawab berdasarkan etika akademik, dan mampu mengkomunikasikannya kepada masyarakat |
KU5
|
mampu mengidentifikasi permasalahan dalam bidang pendidikan Bahasa Inggris dan mampu penyelesaian masalah tersebut secara menyeluruh dan bersifat multi-disiplin |
KU6
|
mampu mengambil keputusan dalam memberi solusi terhadap masalah yang terjadi di pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan penelitian dan teknologi, dan berdasarkan hasil kajian informasi dan data |
KU7
|
mampu mengelola, mengembangkan dan meningkatkan kolaborasi dengan berbagai pihak dengan mengutamakan kualitas dan kemampuan di bidang kependidikan dan kebahasaan |
KU8 |
mampu meningkatkan kemandirian |
KU9 |
mampu mendokumentasikan hasil karya ilmiah dalam rangka menjamin keaslian dan mencegah plagiarisme |
D. KETERAMPILAN KHUSUS: |
|
KK1
|
mampu menganalisis, memparafrase, dan mensintesis berbagai teori pedagogi dan mampu mengaplikasikan nya untuk inovasi pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah dan perguruan tinggi |
KK2
|
mampu menganalisis dan mengembangkan kurikulum dan pembelajaran Bahasa Inggris untuk sekolah dan perguruan tinggi. |
KK3
|
mampu menganalisis konsep-konsep pada materi Bahasa Inggris untuk inovasi pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah atau perguruan tinggi |
KK4
|
mampu mengidentifikasi permasalahan pembelajaran bahasa Inggris dari sudut pandang konseptual dan kontekstual, dan mampu memberikan solusi terhadap masalah tersebut |
KK5
|
mampu mengembangkan ICT untuk pembelajaran Bahasa Inggris yang kreatif dan inovatif |
KK6
|
mampu mengembangkan penilaian dan evaluasi pembelajaran Bahasa Inggris untuk di sekolah dan perguruan tinggi |
KK7
|
mampu merancang pembelajaran Bahasa Inggris berbasis penelitian untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi pembelajaran |
KK8 |
mampu menganalisis permasalahan pendidikan Bahasa Inggris dalam berbagai konteks |
KK9
|
mampu merancang berbagai metode pengajaran dan metode penelitian yang tepat dengan pendekatan multi-disiplin |
KK 10
|
mampu mengkomunikasikan hasil penelitian pendidikan Bahasa Inggris, baik secara lisan maupun tertulis pada tingkat nasional dan internasional. |
Profil Lulusan |
Deskripsi Profil Lulusan |
|
Pendidik Bahasa Inggris yang menguasai teori dan dapat mengaplikasikannya di bidang pendidikan Bahasa Inggris. Mampu berinovasi dan mengembangkan ilmu pendidikan Bahasa Inggris melalui penelitian, menyelesaikan masalah dengan pendekatan multi-disiplin, serta memiliki kemampuan menggunakan transformasi digital (teknologi) untuk pengajaran dan pembelajaran. |
|
Peneliti Pendidikan Bahasa Inggris yang menguasai metodologi penelitian di bidang pendidikan, memahami karakteristik objek dan persoalan di pendidikan Bahasa Inggris, menguasai ICT dan bahasa Inggris untuk mengikuti isu terkini dalam bidang pendidikan Bahasa Inggris, serta mampu mengkomunikasikan dan mempublikasikan hasil penelitiannya dalam forum ilmiah dan jurnal nasional dan internasional. |
|
Pengembang Pengajaran dan Pembelajaran di bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang memahami prinsip dasar kurikulum, mampu mendesain dan memproduksi media dan model pembelajaran, memahami karakteristik siswa, dan peduli terhadap persoalan terkait bidang pendidikan Bahasa Inggris yang ada di sekolah maupun perguruan tinggi. Selalu mengikuti perkembangan zaman dan isu terkini yang berhubungan dengan pendidikan Bahasa Inggris, serta memperhatikan budaya lokal dan kebutuhan kerja secara global. |
No |
Nama |
Jabatan |
Keahlian |
Lulusan |
1. |
Fakry Hamdani, M.Res., Ph.D. |
Lektor Kepala |
|
|
2. |
Dr. Nia Kurniawati, M.Pd. |
Lektor Kepala |
|
|
3. |
Dr. Dedi Sulaeman, M.Hum. |
Lektor Kepala |
|
|
4. |
Dr. Tedi Rohaedi, M.Pd. |
Lektor Kepala |
|
|
5. |
Dr. Sajidin, M.Pd. |
Lektor Kepala |
|
|
6. |
Anugrah Imani, M.Pd., Ph.D. |
Lektor |
|
S1 PBI, UIN Bandung S2 PBI, UPI Bandung S3 Education, Western Sydney University |
7. |
Dr. Pepi Siti Paturohmah, S.S., M.Pd. |
Lektor |
|
|
8. |
Muhammad Aminuddin, M.Pd., Ph.D. |
Lektor |
|
|
9. |
Dr. Dian Ekawati, M.Pd. |
Lektor |
|
|
10. |
Dr. Ruminda, M.Hum. |
Lektor |
Linguistics
|
|
Biaya Pendaftaran & Test : Rp 350.000,-
JENIS PEMBAYARAN |
NOMINAL |
SPP semester I |
Rp 3.000.000,- |
SPP semester II |
Rp 3.000.000,- |
SPP semester III |
Rp 3.000.000,- |
SPP semester IV |
Rp 3.000.000,- |
Sidang Munaqasah |
Rp. 1.500.000,- |
Wisuda |
Rp. 600.000,; |
TOTAL |
Rp 14.450.000,- |
M.Pd – Magister (S2)
4 semester (perkiraan studi penuh waktu)
Gedung Pascasarjana – Kampus 2
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Akreditasi Nasional :
❯ Baik
Pengembangan kurikulum program studi Magister Tadris Bahasa Inggris UIN Sunan Gunung Djati Bandung didasarkan atas berbagai filosofi seperti humanisme, modernisme, perenialisme, idealisme, profesionalisme, meritokrasi, dan rekonstruktivisme sosial. Hal itu berdasarkan standard KKNI nasional. Adapun pemikirannya adalah sebagai berikut:
Pengembangan kurikulum program studi Magister Tadris Bahasa Inggris di UIN Sunan Gunung Djati Bandung didasarkan pada prinsip-prinsip pengembangan kurikulum sebagai berikut:
Pengembangan kurikulum program studi Magister Tadris Bahasa Inggris di UIN Sunan Gunung Djati Bandung didasarkan pada prinsip-prinsip pengembangan kurikulum sebagai berikut:
Landasan hukum yang terkait dengan pengembangan kurikulum ini adalah sebagai berikut:
Kurikulum Program Studi Magister Tadris Bahasa Inggris terdiri atas 42 SKS, yang dikelompokkan menjadi 3 jenis mata kuliah sebagai berikut:
Keterangan:
Total SKS: 42 SKS termasuk thesis.
Total mata kuliah sebanyak 18 mata kuliah
Mahasiswa hanya memilih 1 mata kuliah elective courses
NO |
CODE |
COURSES |
SKS |
SEMESTER |
|||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
||||||||
FOUNDATION COURSES |
|||||||||||
1 |
TBI S.2 001 |
Language Research Methodology |
3 |
v |
– |
– |
– |
||||
2 |
TBI S.2 002 |
Philosophical Foundations of Language Education |
2 |
v |
– |
– |
– |
||||
A TYPICAL UNIVERSITY COURSE |
|||||||||||
3 |
TBI S.2 003 |
Contemporary Issues in Islamic Studies |
2 |
v |
– |
– |
– |
||||
SPECIFIC LANGUAGE COURSES |
|||||||||||
4 |
TBI S.2 004 |
ICT in Language Education |
3 |
v |
– |
– |
– |
||||
5 |
TBI S.2 005 |
English Curriculum Development |
3 |
– |
v |
– |
– |
||||
6 |
TBI S.2 006 |
Assessment and Evaluation in English Language Teaching and Learning |
3 |
– |
v |
– |
– |
||||
7
|
TBI S.2 007 |
Current Issues in ELT and Applied Linguistics |
3 |
– |
v |
– |
– |
||||
8
|
TBI S.2 008 |
Critical Discourse Analysis |
3 |
v |
– |
– |
– |
||||
9 |
TBI S.2 009 |
English Education Entrepreneurship |
3 |
– |
v |
– |
– |
||||
10 |
TBI S.2 010 |
Language Pedagogy |
2 |
v |
– |
– |
– |
||||
11
|
TBI S.2 011 |
Scientific Writing for Scholarly Research and Publication |
3 |
– |
v |
– |
– |
||||
12 |
TBI S.2 012 |
Innovation in Language Education |
2 |
– |
v |
– |
– |
||||
13 |
TBI S.2 013 |
Thesis Proposal |
2 |
– |
– |
v |
– |
||||
14 |
TBI S.2 014 |
Thesis |
6 |
– |
– |
– |
v |
||||
ELECTIVE COURSES (SELECT ONE SUBJECT) |
|
||||||||||
15 |
TBI S.2 015 |
Second Language Acquisition and Foreign Language Teaching |
2 |
– |
– |
v |
– |
||||
16 |
TBI S.2 016 |
English Critical Literacy |
2 |
– |
– |
v |
– |
||||
17 |
TBI S.2 017 |
Young Learners Education Study Skills |
2 |
– |
– |
v |
– |
||||
18 |
TBI S.2 018 |
Translation in English Education |
2 |
– |
– |
v |
– |
Sebaran Mata Kuliah Program Studi S2 TBI pada Setiap Semester
Semester 1
No |
Kode |
Mata Kuliah |
Bobot Sks |
|
1 |
TBI S.2 001 |
Language Research Methodology |
3 |
|
2 |
TBI S.2 002 |
Philosophical Foundations of Language Education |
3 |
|
3 |
TBI S.2 003 |
Contemporary Issues in Islamic Studies |
3 |
|
4 |
TBI S.2 004 |
ICT in Language Education |
3 |
|
5 |
TBI S.2 008 |
Critical Discourse Analysis |
3 |
|
6 |
TBI S.2 010 |
Language Pedagogy |
3 |
|
Jumlah SKS |
18 |
|
Semester 2
No |
Kode |
Mata Kuliah |
Bobot Sks |
|
1 |
TBI S.2 005 |
English Curriculum Development |
3 |
|
2 |
TBI S.2 006 |
Assessment and Evaluation in English Language Teaching and Learning |
3 |
|
3 |
TBI S.2 007 |
English Critical Literacy |
3 |
|
4 |
TBI S.2 009 |
English Education Entrepreneurship |
3 |
|
5 |
TBI S.2 011 |
Scientific Writing for Scholarly Research and Publication |
3 |
|
6 |
TBI S.2 012 |
Innovation in Language Education |
3 |
|
7 |
|
Proposal Writing |
0 |
|
Jumlah SKS |
18 |
|
Semester 3
No |
Kode |
Mata Kuliah |
Bobot Sks |
|
1 |
TBI S.2 013 |
Second Language Acquisition in Foreign Language Teaching |
3 |
|
2 |
TBI S.2 014 |
Writing for Academics and Professionals |
3 |
|
3 |
TBI S.2 015 |
Applied Linguistics in English Language Education |
3 |
|
*Elective Courses |
|
|||
4 |
TBI S.2 016 |
Young Learners Education Study Skills |
3 |
|
5 |
TBI S.2 017 |
Translation in English Education |
3 |
|
6 |
|
Seminar Proposal |
0 |
|
Jumlah SKS |
12 |
|
*Only choose one subject for elective courses
Semester 4
No |
Kode |
Mata Kuliah |
Bobot Sks |
|
1 |
TBI S.2 018 |
Thesis Writing |
10 |
|
2 |
|
Sidang Komprehensif |
0 |
|
3 |
|
Sidang Munaqosyah |
0 |
|
Jumlah SKS |
10 |
|
Total SKS : 18 + 18 + 12 + 10 = 58 SKS
Total subjects : 18 Subjects
No |
Profil lulusan |
Capaian Pembelajaran |
Mata Kuliah |
1 |
Pendidik Bahasa Inggris di berbagai jenjang |
(S1), (S3), (S9), (S11); (P1), (P2), (P5), (P6); (KU3), (KU4), (KU7), (KU8); (KK1), (KK2), (KK3), (KK6)
|
● Philosophical Foundations of Language Education ● Assessment and Evaluation in English Language Teaching and Learning ● Language Pedagogy ● Second Language Acquisition and Foreign Language Teaching ● Young Learners Education Study Skills ● Innovation in Language Education |
2 |
Peneliti di bidang Pendidikan Bahasa Inggris |
(S1), (S3), (S9), (S11);
(P7), (P8), (P9); (KU2), (KU5), (KU6), (KU9); (KK1), (KK4), (KK7), (KK8), (KK10) |
● Language Research Methodology ● Scientific Writing for Scholarly Research and Publication ● Critical Discourse Analysis ● English Critical Literacy ● Thesis Proposal ● Thesis |
3 |
Pengembang pengajaran dan pembelajaran di bidang Bahasa Inggris |
(S1), (S3), (S9), (S11); (P3), (P4); (KU1), (KU6); (KK5), (KK7), (KK9)
|
● English Education Entrepreneurship ● English Curriculum Development ● ICT in Language Education ● Current Issues in ELT and Applied Linguistics ● Translation in English Education ● Contemporary Issues in Islamic Studies |
No |
Mata Kuliah
|
Deskripsi |
1. |
Language Research Methodology |
This course focuses on designing research and research proposals that discuss current issues in the field of English Language Education and its developments using appropriate research methodology. |
2. |
Philosophical Foundations of Language Education |
This course introduces the basic philosophical foundations of general philosophy and philosophy of language education that includes the basic principles of language philosophy relating to how language is taught. This course also provides students with some understanding of the relationships between philosophy and language education as a complex system connected with other systems: social, political, and cultural. The topics generally discussed about education and English teachers professionalism. Students who take this course are introduced to the fact that language is a human’s characteristics and are expected to see certain philosophical issues and activities in language teaching. |
3. |
Contemporary Issues in Islamic Studies |
MK ini bertujuan untuk mempelajari Islam (Studi Islam, Islamic Studies, Dirasat al-Islamiyah) dari berbagai perspective, yang mencakup Islam sebagai ajaran, sebagai sesuatu yang inheren dalam kehidupan masyarakat pemeluknya, bagaimana fenomena-fenomenanya teraktualisasi dalam berbagai aspek kehidupan utamanya yang terjadi pada periode kontemporer, dan bagaimana masyarakatnya berinteraksi secara sosial dalam dinamika kekinian. Dengan demikian, dalam mengangkat isu-isu yang kontemporer, studi Islam ini mengeksplorasi fenomena-fenomena yang terjadi di masyarakat Islam secara global dalam merespon, menyikapi, dan berinteraksi dengan isu-isu, seperti Hak Azasi Manusia (HAM), Demokrasi, Relasi Gender, dan Moderat Islam. Dalam memahami, mengeksplorasi, dan menemukan bagaimana perkembangan kajian Islam pada era kontemporer ini, paling tidak diperlukan penggunaan pendekatan yang interdisiplin dan multidisiplin. Pendekatan interdisipliner (interdisciplinary) merupakan pendekatan yang menekankan pada interaksi intensif antar disiplin, dengan tujuan melakukan integrasi konsep, metode, dan analisis. Sedangkan, pendekatan multidisipliner (multidisciplinary) merupakan gabungan sejumlah disiplin secara bersama-sama dalam mempelajari satu isu. Dengan demikian, mahasiswa/i diharapkan memiliki sikap dan kemampuan dalam memperdalam, memperluas wawasan dan keterampilan, serta mengembangkan pemahaman tentang suatu isu kontemporer pada kajian Islam dan masyarakat Muslim kekinian dengan kematangan intelektual sehingga dapat menghasilkan suatu sikap dan pemahaman yang universal, relevan dengan kebutuhan umat Islam dan mampu menjawab tantangan zaman. |
4. |
ICT in Language Education |
This subject covers the current technology used in the world of English education. This subject then will focus on two science productions. First, how to apply the current technology in English education by making PODCUSS (Podcast & discuss with us). Second, the students are conditioned to write the report of the lecture in the form of an article with sinta 4 orientation. Every session of the lecture will guide all students’ writing progress of the article. |
5. |
Critical Discourse Analysis |
This subject is the continuation from the bachelor degree. This subject then will focus on two science productions. First, how to make a discourse on a specific topic and give the solutions all at once. This discourse will be formatted in a ‘one man show’ (Tedx lecture-like) called Stand Up Ideas. Second, the students will critically write the report of the lecture in the form of an article with sinta 2 orientation. Every session of the lecture will guide all students’ writing progress of the article. |
6. |
Language Pedagogy |
Language pedagogy refers to specialized methods and strategies teachers use to facilitate learning. This subject examines principles and practices of teaching a language. In language pedagogy, students focus on acquiring proficiency in a new language, often utilise their prior knowledge and experience. In this course, students learn the concept of teaching and learning, the concept of language teaching, traditional language teaching methods, teaching methods, post modern language methods, and its application in English Language Teaching. By the end of the course, students will be able (a) to understand the discipline concerned with the theories and techniques of teaching language, (b) to critically examine issues in English language pedagogy, and (c) to understand the type of teaching English. |
7. |
English Curriculum Development |
The aim of curriculum development, in accordance with what has been stated by education experts, can be concluded that curriculum development aims to formulate a dynamic process that can answer challenges to the demands of change that occur in government and general. |
8. |
Assessment and Evaluation in English Language Teaching and Learning |
The Assessment in ELT course is intended to provide professional training to students on how to carry out assessments for students in teaching English creatively and responsibly and how to develop assessment instruments that meet the curriculum rules. |
9. |
Current Issues in ELT and Applied Linguistics |
Mata kuliah ini membahas tentang isu-isu terkini dalam Pembelajaran Bahasa Inggris dalam lima ranah utama: Metode, Media, Penilaian, dan Pengembangan Profesi Guru. Sumber-sumber bacaan berbasis hasil penelitian dan buka-buku yang dikarang oleh penulis ororitatif. |
10. |
English Education Entrepreneurship |
The subject of English Education Entrepreneurship is designed to facilitate the postgraduate students with entrepreneurial thought & skills related to English tutorial services as well as develop professional deeds for entering the challenging world workspace. At the end of the course, students should be able to apply their entrepreneurial thought & skills to be an Event Organizer (EO) for conducting seminar/webinar with the article publication according to target clients’ needs using the Design Thinking framework. |
11. |
Scientific Writing for Scholarly Research and Publication |
Tujuan mata kuliah Scientific Writing for Scholarly Research and Publication ini agar dapat meningkatkan keterampilan menulis artikel ilmiah mahasiswa dalam berbagai aspek yang ada. Menulis artikel ilmiah dapat dikembangkan ke dalm berbagai misalnya membuat makalah, laporan penelitian, dan lainnya. Di samping itu, mahasiswa dibimbing untuk mengembangkan artikel ilmiah untuk dijadikan bahan publikasi. |
12. |
Innovation in Language Education |
Mata kuliah ini dirancang untuk mengakomodasi inovasi dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris. Mahasiswa akan memiliki pengetahuan, konsep dan keterampilan untuk berinovasi dalam proses pengajaran dan pembelajaran. Mata kuliah ini membantu mahasiswa untuk mengembangkan inovasi dalam merancang silabus, dalam mengembangkan pengajaranmateri dan media pembelajaran, serta dalam penerapan metode belajar mengajar. Para siswa diharuskan untukmencari sumber daya yang cocok dan sesuai untuk menentukan aspek apa dalam proses belajar mengajar yang seharusnya berubah. Selain itu, siswa harus memiliki pengetahuan yang lebih luas tentang merancang ruang kelas yang inovatif interaksi, baik melalui proses belajar mengajar secara offline maupun online. Kegiatan perkuliahan dilaksanakan melalui presentasi kelompok, diskusi, dan lokakarya pengembangan inovasi dalam ELT dengan menggunakan informasi teknologi. Mata kuliah ini menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek. |
13. |
Thesis Proposal |
Thesis Proposal ini mengkaji tentang proposal tesis yang meliputi pemilihan judul, penyusunan latar belakang masalah, rumusan masalah, kajian teori, serta metode penelitiannya, sehingga mahasiswa dapat menghasilkan proposal tesis. |
14. |
Thesis |
Thesis ini mengkaji tentang tesis yang meliputi pemilihan judul, penyusunan latar belakang masalah, rumusan masalah, kajian teori, serta metode penelitiannya, sehingga mahasiswa dapat menghasilkan proposal tesis. |
15. |
Second Language Acquisition and Foreign Language Teaching |
Tujuan umum penulisan tesis ialah untuk memberikan kematangan (dalam membangun kerangka berpikir berdasarkan teori untuk memecahkan masalah) kepada mahasiswa dalam salah satu materi keilmuan yang merupakan inti dari penelitian tesis mahasiswa bersangkutan. |
16. |
English Critical Literacy |
Mata kuliah ini mengeksplorasi sifat literasi, literasi kritis, dan praktiknya dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa baik dari perspektif praktik sosial, multi-literasi, atau konteks terkait lainnya. Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang bagaimana mendapatkan semua kemungkinan makna dari berbagai teks lisan dan tertulis secara aktif, reflektif untuk lebih memahami kemungkinan hubungan kekuasaan, ketidaksetaraan, dan ketidakadilan dalam hubungan manusia. |
17. |
Young Learners Education Study Skills |
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang karakteristik anak dan pengajaran bahasa untuk anak-anak kepada guru- guru bahasa Inggris, membuat bahan ajar Bahasa Inggris yang sistematis, kontekstual dan sesuai untuk anak–anak usia dini. |
18. |
Translation in English Education |
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan mengenai kemahiran berbahasa Inggris yang berfokus pada keterampilan menerjemahkan. Mahasiswa diharapkan mampu untuk menerjemahkan teks ilmiah, teks populer, teks sastra dan dokumen resmi. |
We don’t just provide students with an education and experience that prepares them for career success. We help them succeed in their careers as well as to find a field they are passionate about and dare to lead it.