Anugrah Imani, M.Pd, Ph.D.

Ketua Program Studi

Program Studi Tadris Bahasa Inggris

Program Magister (S2) Pascasarjana
UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Dr. Pepi Siti Paturohmah, S.S., M.Pd.

Sekretaris Program Studi

Recognition of Prospective English Education Consultants

Prodi S2 TBI yang baru membuka pendaftaran di awal tahun 2023 telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Departemen Pendidikan Nasional dengan nilai B (Baik) berdasarkan SK No: 410/SK/BAN-PT/Ak.P/M/X/2023.

Pengembangan kurikulum di Prodi S2 TBI dilakukan secara mandiri sesuai instruksi dari pimpinan Universitas yang melibatkan pemangku kepentingan internal dan eksternal dengan memperhatikan visi misi dan tujuan Prodi. Hal ini sesuai dengan standar mutu kurikulum di Pascasarjana UIN SGD Bandung, bahwa perubahan kurikulum selambat-lambatnya dikembangkan setiap 4 tahun sekali dan peninjauan setiap 2 tahun sekali oleh unit Komite Penjaminan Mutu (KPM) yang berada di Pascasarjana UIN SGD Bandung dan oleh seluruh stakeholder yang ada di Prodi S2 TBI.

Pengembangan kurikulum untuk Program Studi Magister Tadris Bahasa Inggris UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengacu pada Undang-undang Republik Indonesia nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi,  Peraturan Presiden RI  Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), dan Permendikbud Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI pada Kurikulum Pendidikan Tinggi.  Aspek substansial kurikulum KKNI ini berorientasi pada pendekatan pendidikan berbasis capaian pembelajaran (CP), yang pada dasarnya merupakan pengembangan dari pendekatan berbasis kompetensi. Karakteristik kurikulum berbasis kompetensi ini diperkuat dengan pengembangan kemampuan berpikir kritis. Dengan pendekatan berbasis CP ini, maka rumusan CP menjadi tumpuan penentuan isi kurikulum, proses pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran.

PROFIL PROGRAM STUDI

Program Studi Magister Tadris Bahasa Inggris (S2 TBI) UIN Sunan Gunung Djati Bandung didirikan dengan mengakomodasi kebutuhan dan tantangan perkembangan pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia pada masa kini dan masa depan. Informasi akan kebutuhan dan tantangan perkembangan pendidikan Bahasa Inggris ini  mempertimbangkan masukan  dari berbagai sumber, baik informasi dari media masa, pemerintah, alumni Pendidikan Bahasa Inggris, maupun pemangku kepentingan. Kurikulum Merdeka sebagai kebijakan pemerintah yang diterapkan di sekolah menjadi motivasi dalam menghasilkan guru yang capable dan profesional. Program Studi Magister Tadris Bahasa Inggris (S2 TBI) UIN Sunan Gunung Djati Bandung disusun dengan mengakomodasi kebutuhan dan tantangan perkembangan pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia pada masa kini dan masa depan. Informasi akan kebutuhan dan tantangan perkembangan pendidikan Bahasa Inggris ini  mempertimbangkan masukan  dari berbagai sumber, baik informasi dari media masa, pemerintah, alumni Pendidikan Bahasa Inggris, maupun pemangku kepentingan. Kurikulum Merdeka sebagai kebijakan pemerintah yang diterapkan di sekolah menjadi motivasi dalam menghasilkan guru yang capable dan profesional. 

Visi, Misi,

Visi Prodi Magister Tadris Bahasa Inggris

Menjadi pusat pengembangan Pendidikan Bahasa Inggris tingkat lanjut dengan ilmu ELT yang didukung oleh teknologi modern yang berbasiskan nilai-nilai Islami.

Misi Prodi Magister Tadris Bahasa Inggris

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas dalam bidang Bahasa Inggris dengan fokus pada keterampilan mengajar yang unggul, inovatif dalam mengikuti perkembangan zaman, serta kompeten dalam penguasaan pedagogis.
  • Meningkatkan kualitas penelitian dan publikasi ilmiah untuk pengembangan pedagogi di bidang Pendidikan Bahasa Inggris.
  • Meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat melalui pengembangan bidang ilmu Pendidikan Bahasa Inggris.

Tujuan Prodi Magister Tadris Bahasa Inggris

  • Membentuk pendidik Bahasa Inggris yang dapat mencapai tingkat keunggulan dalam pemahaman dan pengajaran bahasa Inggris.
  • Membentuk mahasiswa magister yang inovatif melalui penggunaan teknologi dalam pengajaran dan pembelajaran terkini yang adaptif dan penelitian yang berkelanjutan.
  • Menjadikan mahasiswa magister yang mampu memberikan pendidikan berkualitas tinggi yang memungkinkan mereka untuk mengembangkan kompetensi pedagogis dalam pengajaran bahasa Inggris sehingga dapat berperan aktif dalam perubahan positif di Masyarakat.

Pengembangan Kurikulum

  1. Integrasi antara keilmuan pendidikan Bahasa Inggris dan ke Islam an, seperti ada nya mata kuliah Contemporary Issues in Islamic Studies sebagai ciri khas kampus UIN SGD Bandung yang memberikan keunikan tersendiri bagi lulusan dalam penguasaan konsep Islam.
  2. Pengembangan SDM yang unggul dan kompeten dalam inovasi penelitian dan pendidikan Bahasa Inggris dengan memanfaatkan IPTEK.
  3. Kemampuan melakukan penelitian, hal ini dibekali dengan beberapa mata kuliah terkait English Language Teaching (ELT) Methodology. Penelitian dinilai sebagai alat dalam pemecahan masalah kreatif untuk menghasilkan ilmuwan yang handal dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris.
  4. Materi, kegiatan pembelajaran, metodologi pembelajaran, dan penilaian hasil belajar yang menggunakan teknologi dan aplikasi Bahasa Inggris untuk kemajuan pembelajaran di sekolah, seperti yang ada dalam mata kuliah ICT in Language Education.
  5. Fasilitas di UIN SGD Bandung yang baik, dosen yang profesional, jejaring nasional dan internasional.
  6. Lulusan yang dapat membuat bahan ajar sesuai dengan tuntutan kurikulum dan tuntutan zaman dengan mempertimbangkan kebutuhan mahasiswa, siswa, sekolah, masyarakat, dan daerah.

Capaian Pembelajaran Lulusan

 

A.    SIKAP:

S1

bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang tercermin dalam  sikap dan perbuatan agamis;

S2

menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan nilai-nilai budaya, agama, moral, dan etika;

S3

siap berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

S4

siap berperan sebagai warga negara yang bangga akan dan mencintai tanah air, berjiwa kebangsaan, dan  memiliki rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;

S5

menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, kepercayaan, pendapat atau temuan orisinal orang lain;

S6

bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap

masyarakat dan lingkungan;

S7

taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

S8

menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

S9

menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

S10

menginternalisasi nilai-nilai ketakwaan, kemandirian, kecendekiaan, kejuangan, dan kewirausahaan.

S11

memiliki sikap ilmiah, kritis, kreatif, dan inovatif dalam menemukan produk keilmuan melalui proses ilmiah.

B.    PENGETAHUAN:

P1

menguasai teori pendidikan, kebahasaan, dan mengaplikasikannya di sekolah dan perguruan tinggi;

P2

menguasai prinsip dasar pengembangan kurikulum Bahasa Inggris pada semua tingkatan pembelajaran Bahasa Inggris;

P3

menguasai konsep, prinsip dan aplikasi teknologi untuk pengembangan pengajaran dan pembelajaran Bahasa Inggris pada Program studi Pendidikan Bahasa Inggris

P4

menguasai prinsip dasar media pembelajaran dan informasi komunikasi teknologi (ICT) yang tepat  untuk pengembangan pengajaran dan pembelajaran Bahasa Inggris

P5

menguasai skills dan kajian Bahasa Inggris dan pengembangannya untuk pengajaran dan pembelajaran Bahasa Inggris

P6

menguasai prinsip pengembangan penilaian dan evaluasi pembelajaran Bahasa Inggris pada Program studi Pendidikan Bahasa Inggris

P7

menguasai prinsip penelitian inovatif dan aplikasinya untuk memecahkan permasalahan pendidikan Bahasa Inggris

P8

menguasai tata cara publikasi ilmiah baik secara lisan maupun tulisan dalam lingkup nasional dan internasional

P9

menguasai konsep integritas akademik, dalam hal jenis plagiarisme, konsekuensi pelanggaran, dan upaya pencegahannya

C.    KETERAMPILAN UMUM:

KU1

 

mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam konteks pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai dengan bidang pendidikan Bahasa Inggris

KU2

 

mampu menyusun karya ilmiah dengan menerapkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis, dan mempublikasikan artikel dalam jurnal keilmuan terakreditasi tingkat nasional dan internasional

KU3

 

mampu melakukan kajian akademik dalam menyelesaikan masalah pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah dan masyarakat melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya

KU4

 

mampu mengembangkan gagasan, pemikiran, dan argumen secara sistematis dan bertanggung jawab berdasarkan etika akademik, dan mampu mengkomunikasikannya kepada masyarakat

KU5

 

mampu mengidentifikasi permasalahan dalam bidang pendidikan Bahasa Inggris dan mampu penyelesaian masalah tersebut secara menyeluruh dan bersifat multi-disiplin

KU6

 

mampu mengambil keputusan dalam memberi solusi terhadap masalah yang terjadi di pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan penelitian dan teknologi, dan berdasarkan hasil kajian informasi dan data

KU7

 

mampu mengelola, mengembangkan dan meningkatkan kolaborasi dengan berbagai pihak dengan mengutamakan kualitas dan kemampuan di bidang kependidikan dan kebahasaan

KU8

mampu meningkatkan kemandirian

KU9

mampu mendokumentasikan hasil karya ilmiah dalam rangka menjamin keaslian dan mencegah plagiarisme

D.    KETERAMPILAN KHUSUS:

KK1

 

mampu menganalisis, memparafrase, dan mensintesis berbagai teori pedagogi dan mampu mengaplikasikan nya untuk inovasi pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah dan perguruan tinggi

KK2

 

mampu menganalisis dan mengembangkan kurikulum dan pembelajaran Bahasa Inggris untuk sekolah dan perguruan tinggi.

KK3

 

mampu menganalisis konsep-konsep pada materi Bahasa Inggris untuk inovasi pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah atau perguruan tinggi

KK4

 

mampu mengidentifikasi permasalahan pembelajaran bahasa Inggris dari sudut pandang konseptual dan kontekstual, dan mampu memberikan solusi terhadap masalah tersebut

KK5

 

mampu mengembangkan ICT untuk pembelajaran Bahasa Inggris yang kreatif dan inovatif

KK6

 

mampu mengembangkan penilaian dan evaluasi pembelajaran Bahasa Inggris untuk di sekolah dan perguruan tinggi

KK7

 

mampu merancang pembelajaran Bahasa Inggris berbasis penelitian untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi pembelajaran

KK8

mampu menganalisis permasalahan pendidikan Bahasa Inggris dalam berbagai konteks

KK9

 

mampu merancang berbagai metode pengajaran dan metode penelitian yang tepat dengan pendekatan multi-disiplin

KK

10

 

mampu mengkomunikasikan hasil penelitian pendidikan Bahasa Inggris, baik secara lisan maupun tertulis pada tingkat nasional dan internasional.

Profil Lulusan

Profil Lulusan

Deskripsi Profil Lulusan

1.   Pendidik Bahasa Inggris di berbagai jenjang

Pendidik Bahasa Inggris yang menguasai teori dan dapat mengaplikasikannya di bidang pendidikan Bahasa Inggris. Mampu berinovasi dan mengembangkan ilmu pendidikan Bahasa Inggris melalui penelitian, menyelesaikan masalah dengan pendekatan multi-disiplin, serta memiliki kemampuan menggunakan transformasi digital (teknologi) untuk pengajaran dan pembelajaran.

2.   Peneliti di bidang Pendidikan Bahasa Inggris

Peneliti Pendidikan Bahasa Inggris yang menguasai metodologi penelitian di bidang pendidikan, memahami karakteristik objek dan persoalan di pendidikan Bahasa Inggris, menguasai ICT dan bahasa Inggris untuk mengikuti isu terkini dalam bidang pendidikan Bahasa Inggris, serta mampu mengkomunikasikan dan mempublikasikan hasil penelitiannya dalam forum ilmiah dan jurnal nasional dan internasional.

3.   Pengembang pengajaran dan pembelajaran di bidang Bahasa Inggris

 

Pengembang Pengajaran dan Pembelajaran di bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang memahami prinsip dasar kurikulum, mampu mendesain dan memproduksi media dan model pembelajaran, memahami karakteristik siswa, dan peduli terhadap persoalan terkait bidang pendidikan Bahasa Inggris yang ada di sekolah maupun perguruan tinggi. Selalu mengikuti perkembangan zaman dan isu terkini yang berhubungan dengan pendidikan Bahasa Inggris, serta memperhatikan budaya lokal dan kebutuhan kerja secara global.

Susunan Pengelola dan Dosen Hombase

DOSEN HOMBASE

No

Nama

NIP

Golongan

Jabatan Akademik

1

Dr. Dedi Sulaeman , M.Hum

197912292008011011

IV/a

Lektor Kepala

2

Dr. Tedi Rohaedi, M.Pd.

196803092008011017

III/d

Lektor

3

Anugrah Imani, M.Pd., Ph.D.

198304222006042002

III/d

Lektor

4

Muhammad Aminuddin, SP., S.Pd., M.Pd

197601222009121002

Ill/d

Lektor

5

Dr. Pepi Siti Paturohmah, S.S., M.Pd.

197509302007102002

III/d

Lektor

 

DOSEN PENGAJAR

No

Nama

Jabatan

Keahlian

Lulusan

1.

Anugrah Imani, M.Pd., Ph.D.

Lektor

●       TEFL

●       ELT

●       EYL

S3 Education,

Western Sydney University

2.

Dr. Pepi Siti Paturohmah, S.S., M.Pd.

Lektor

●       Teaching Literature

●       SLA

S3 Ilmu Sastra,

Universitas Padjadjaran

3.

Fakry Hamdani, M.Hum., M.Res., Ph.D.

Lektor Kepala

●       Systemic Functional Linguistics

●       Critical Discourse Analysis

S3 Linguistics,

Mcquarie University

4.

Dr. Dedi Sulaeman, M.Hum.

Lektor Kepala

●       Language Art

●       Technology in Language Learning

S3 Linguistics,

Universitas Padjadjaran

5.

Erni haryanti, M.A., Ph.D.

Lektor

Islamic Studies

S3 Islamic Studies,

Flinders University

6.

Dr. Sajidin, M.Pd.

Lektor Kepala

●       TEFL

●       Language testing and assessment

●       ESP

●       Translation

S3 PBI,

Universitas Negeri Semarang

7.

Dr. Nia Kurniawati, M.Pd.

Lektor

●       TEFL

●       TESOL

●       Curriculum Development

S3 PBI,

Universitas Pendidikan Indonesia

8.

Muhammad Aminuddin, M.Pd., Ph.D.

Lektor

●       TEFL

●       Research Methodology

●       Systemic Functional Linguistics

●       Translation

S3 Linguistics,

Western Sydney University

9.

Dr. Ruminda, M.Hum.

Lektor

Linguistics

 

S3 Linguistics,

Universitas Padjajaran

10.

Dr. Dian Ekawati, M.Pd.

Lektor

●       Teacher Professional Development

●       EYL

●       ELT

S3 PBI,

Universitas Pendidikan Indonesia

11.

Dr. Tedi Rohaedi, M.Pd.

Lekor

●       TEFL Methodology

●       TESOL

 

S3 PBI,

Universitas Negeri Jakarta

Komponen dan Perkiraan Biaya Studi

KOMPONEN BIAYA STUDI

Biaya Pendaftaran & Test  : Rp 350.000,-

Kelas A:

JENIS PEMBAYARAN

NOMINAL

SPP semester I

Rp   3.000.000,-

SPP semester II

Rp  3.000.000,-

SPP semester III

Rp  3.000.000,-

SPP semester IV

Rp    3.000.000,-

TOTAL

Rp 12.350.000,-

Kelas B: 

JENIS PEMBAYARAN NOMINAL
SPP semester I Rp   4.000.000,-
SPP semester II Rp  4.000.000,-
SPP semester III Rp  4.000.000,-
SPP semester IV Rp    4.000.000,-
TOTAL Rp 16.350.000,-

 

M.Pd – Magister (S2)

4 semester (perkiraan studi penuh waktu)

Gedung Pascasarjana  – Kampus 2 
UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Akreditasi Nasional :
❯ Baik

KURIKULUM PROGRAM STUDI TADRIS INGGRIS

Landasan Kurikulum

Landasan Filosofis

Pengembangan kurikulum program studi Magister Tadris Bahasa Inggris  UIN Sunan Gunung Djati Bandung didasarkan atas berbagai filosofi seperti humanisme, modernisme, perenialisme, idealisme, profesionalisme, meritokrasi, dan rekonstruktivisme sosial. Hal itu berdasarkan standard KKNI nasional. Adapun pemikirannya adalah sebagai berikut:

  • Pendidikan membangun manusia Indonesia seutuhnya yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Manusia Indonesia sebagai makhluk Tuhan memiliki fitrah Ilahi yang baik; mampu untuk belajar dan berlatih untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan membentuk sikap cerdas, cendekia, dan mandiri, berperikemanusiaan, bermartabat, berkeadilan, demokratis, dan menjunjung tinggi nilai-nilai sosial.
  • Pendidikan membekali mahasiswa dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang progresif agar dapat eksis dan sukses dalam kehidupan.
  • Pendidikan memperhatikan karakteristik dan kebutuhan mahasiswa, kebutuhan masyarakat, kemajuan IPTEKS, dan kultur budaya bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila.
  • Pendidik memiliki kompetensi profesional yang meliputi kompetensi keperibadian, sosial, pedagogis, dan keahlian yang sesuai dengan bidang keilmuannya dan bekerja secara professional.
  • Lembaga pendidikan merupakan suatu sistem yang mandiri, berwibawa, bermartabat dan penuh tanggung jawab untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

 

Landasan Sosiologis

Pengembangan kurikulum program studi Magister Tadris Bahasa Inggris  di UIN Sunan Gunung Djati Bandung didasarkan pada prinsip-prinsip pengembangan kurikulum sebagai berikut:

  • Saintifik; kurikulum relevan dengan bidang ilmu pendidikan bahasa Inggris, dan mengikuti struktur materi yang sesuai dengan bidang pendidikan dan bahasa Inggris.
  • Relevansi; kurikulum dan pembelajaran harus relevan dengan perkembangan IPTEKS, kebutuhan masyarakat, dan perkembangan zaman.
  • Efektif dan efisien; kurikulum didesain sedemikian rupa agar efektif dan efisien dalam implementasinya untuk mencapai learning outcome (LO) yang telah ditetapkan.

Landasan Psikologis

Pengembangan kurikulum program studi Magister Tadris Bahasa Inggris  di UIN Sunan Gunung Djati Bandung didasarkan pada prinsip-prinsip pengembangan kurikulum sebagai berikut:

  • Fleksibilitas; kurikulum hendaknya memiliki fleksibilitas dan adaptif terhadap perkembangan keilmuan dan perkembangan zaman.
  • Pragmatis; kurikulum yang telah disusun hendaknya dapat dilaksanakan atau diimplementasikan dengan baik sesuai dengan berbagai kondisi yang ada di program studi Magister Tadris Bahasa Inggris.

 

Landasan Yuridis

Landasan hukum yang terkait dengan pengembangan kurikulum ini adalah sebagai berikut:

  1. Undang-undang Dasar 1945 pasal 20,21 dan 31
  2. Undang-Undang No.20 TH. 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
  3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi
  4. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi
  5. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia
  6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Pendidikan Tinggi
  7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
  8. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2014 Tentang Ijazah, Sertifikat kompetensi dan sertifikat profesi pendidikan tinggi
  9. Peraturan Menteri Agama RI Nomor 1 tahun 2016, tentang Ijazah, transkrip akademik, dan Surat Keterangan Pendamping Ijazah Perguruan Tinggi Keagamaan
  10. Keputusan Direktur Pendidikan Islam nomor 706 Tahun 2018 Tentang Panduan Pengembangan Kurikulum Program Studi pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam
  11. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 Untuk Mendukung Merdeka Belajar, Kampus Merdeka Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2020
  12. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 22 tahun 2020, tentang Rencana Stragtegi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  13. Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 7290 Tahun 2020 Tentang Panduan Implementasi Merdeka Dalam Kurikulum Program Studi Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam

Kurikulum Program Studi

Kurikulum Program Studi Magister Tadris Bahasa Inggris terdiri atas 42 SKS, yang dikelompokkan menjadi 3 jenis mata kuliah sebagai berikut:

  • Mata Kuliah Pondasi Keahlian (MPK)        : 5 SKS
  • Mata kuliah Umum (MKU) ciri khas UIN  : 2 SKS
  • Mata Kuliah Bidang Keahlian Prodi S2 TBI, yang terdiri dari:
    • Mata Kuliah Program studi    : 33 SKS
    • Mata Kuliah Pilihan                 : 2 SKS

 

Keterangan:

Total SKS: 42 SKS termasuk thesis.

Total mata kuliah sebanyak 18 mata kuliah

Mahasiswa hanya memilih 1 mata kuliah elective courses

Tabel Kurikulum Program Studi

 

NO

 

CODE

COURSES

 

SKS

SEMESTER

1

2

3

4

FOUNDATION COURSES

  1

TBI S.2 001

Language Research Methodology

3

v

  2

TBI S.2 002

Philosophical Foundations of Language Education

2

v

A TYPICAL UNIVERSITY COURSE

  3

TBI S.2 003

Contemporary Issues in Islamic Studies

2

v

SPECIFIC LANGUAGE COURSES

  4

TBI S.2 004

ICT in Language Education

3

v

  5

TBI S.2 005

English Curriculum Development

3

v

  6

TBI S.2 006

Assessment and Evaluation in English Language Teaching and Learning

3

v

  7

 

TBI S.2 007

Current Issues in ELT and Applied Linguistics

3

v

  8

 

TBI S.2 008

Critical Discourse Analysis

3

v

  9

TBI S.2 009

English Education Entrepreneurship

3

v

 10

TBI S.2 010

Language Pedagogy

2

v

  11

 

TBI S.2 011

Scientific Writing for Scholarly Research and Publication

3

v

  12

TBI S.2 012

Innovation in Language Education

2

v

  13

TBI S.2 013

Thesis Proposal

2

v

  14

TBI S.2 014

Thesis

6

v

ELECTIVE COURSES (SELECT ONE SUBJECT)

 

  15

TBI S.2 015

Second Language Acquisition

and Foreign Language Teaching

2

v

  16

TBI S.2 016

English Critical Literacy

2

v

  17

TBI S.2 017

Young Learners Education Study Skills

2

v

  18

TBI S.2 018

Translation in English Education

2

v

Sebaran Matakuliah

Sebaran mata kuliah Program Studi S2 TBI pada setiap semester adalah sebagai berikut:

Semester 1

No

Kode

Mata

Kuliah

Bobot

Sks

 
 

1

TBI S.2 001

Language Research Methodology

3

 

2

TBI S.2 002

Philosophical Foundations of Language Education

2

 

3

TBI S.2 003

Contemporary Issues in Islamic Studies

2

 

4

TBI S.2 004

ICT in Language Education

3

 

5

TBI S.2 008

Critical Discourse Analysis

3

 

6

TBI S.2 010

Language Pedagogy

2

 

Jumlah SKS

15

 

 

Semester 2

No

Kode

Mata

Kuliah

Bobot

Sks

 
 

1

TBI S.2 005

English Curriculum Development

3

 

2

TBI S.2 006

Assessment and Evaluation in English Language Teaching and Learning

3

 

3

TBI S.2 007

Current Issues in ELT and Applied Linguistics

3

 

4

TBI S.2 009

English Education Entrepreneurship

3

 

5

TBI S.2 011

Scientific Writing for Scholarly Research and Publication

3

 

6

TBI S.2 012

Innovation in Language Education

2

 

Jumlah SKS

17

 

 

Semester 3

No

Kode

Mata

Kuliah

Bobot

Sks

 
 

1

TBI S.2 013

Thesis Proposal

2

 

2

Elective Courses:

2

 

 

TBI S.2 015

a.       Second Language Acquisition and Foreign Language Teaching

 

 

TBI S.2 016

b.      English Critical Literacy

 

TBI S.2 017

b.      Young Learners Education Study Skills

 

TBI S.2 018

c.       Translation in English Education

 

Jumlah SKS

4

 

 

Semester 4

No

Kode

Mata

Kuliah

Bobot

Sks

 
 

1

TBI S.2 014

Thesis

6

 

Jumlah SKS

6

 

 

 

Rekapitulasi Jumlah Mata Kuliah per Semester

 

No

Jenis Kompetensi

SKS

1

Semester I

17

2

Semester II

15

3

Semester III

4

4

Semester IV

6

 

Jumlah SKS

42

 

Pemetaan Matakuliah dengan Profil Lulusan

No

Profil lulusan

Capaian Pembelajaran

Mata Kuliah

1

Pendidik Bahasa Inggris di berbagai jenjang

(S1), (S3), (S9), (S11);

(P1), (P2), (P5), (P6);

(KU3), (KU4), (KU7), (KU8);

(KK1), (KK2), (KK3), (KK6)

 

●       Philosophical Foundations of Language Education

●       Assessment and Evaluation in English Language Teaching and Learning

●       Language Pedagogy

●       Second Language Acquisition and Foreign Language Teaching

●       Young Learners Education Study Skills

●       Innovation in Language Education

2

Peneliti di bidang Pendidikan Bahasa Inggris

(S1), (S3), (S9), (S11);

 

(P7), (P8), (P9);

(KU2), (KU5), (KU6), (KU9);

(KK1), (KK4), (KK7), (KK8), (KK10)

●       Language Research Methodology

●       Scientific Writing for Scholarly Research and Publication

●         Critical Discourse Analysis

●         English Critical Literacy

●       Thesis Proposal

●       Thesis

3

Pengembang pengajaran dan pembelajaran di bidang Bahasa Inggris

(S1), (S3), (S9), (S11);

(P3), (P4);

(KU1), (KU6);

(KK5), (KK7), (KK9)

 

●       English Education Entrepreneurship

●       English Curriculum Development

●       ICT in Language Education

●       Current Issues in ELT and Applied Linguistics

●       Translation in English Education

●       Contemporary Issues in Islamic Studies

 

 

Deskripsi Mata Kuliah

No

Mata Kuliah

 

Deskripsi

1.

Language Research Methodology

This course focuses on designing research and research proposals that discuss current issues in the field of English Language Education and its developments using appropriate research methodology.

2.

Philosophical Foundations of Language Education

This course introduces the basic philosophical foundations of general philosophy and philosophy of language education that includes the basic principles of language philosophy relating to how language is taught. This course also provides students with some understanding of the relationships between philosophy and language education as a complex system connected with other systems: social, political, and

cultural. The topics generally discussed about education and English teachers professionalism. Students who take this course are introduced to the fact that language is a human’s characteristics and are expected to see certain philosophical issues and activities in language teaching.

3.

Contemporary Issues in Islamic Studies

MK ini bertujuan untuk mempelajari Islam (Studi Islam, Islamic Studies, Dirasat al-Islamiyah) dari berbagai

perspective, yang mencakup Islam sebagai ajaran, sebagai sesuatu yang inheren dalam kehidupan masyarakat

pemeluknya, bagaimana fenomena-fenomenanya teraktualisasi dalam berbagai aspek kehidupan utamanya yang terjadi pada periode kontemporer, dan bagaimana masyarakatnya berinteraksi secara sosial dalam dinamika

kekinian. Dengan demikian, dalam mengangkat isu-isu yang kontemporer, studi Islam ini mengeksplorasi

fenomena-fenomena yang terjadi di masyarakat Islam secara global dalam merespon, menyikapi, dan

berinteraksi dengan isu-isu, seperti Hak Azasi Manusia (HAM), Demokrasi, Relasi Gender, dan Moderat Islam.

Dalam memahami, mengeksplorasi, dan menemukan bagaimana perkembangan kajian Islam pada era

kontemporer ini, paling tidak diperlukan penggunaan pendekatan yang interdisiplin dan multidisiplin.

Pendekatan interdisipliner (interdisciplinary) merupakan pendekatan yang menekankan pada interaksi intensif

antar disiplin, dengan tujuan melakukan integrasi konsep, metode, dan analisis. Sedangkan, pendekatan

multidisipliner (multidisciplinary) merupakan gabungan sejumlah disiplin secara bersama-sama dalam

mempelajari satu isu. Dengan demikian, mahasiswa/i diharapkan memiliki sikap dan kemampuan dalam

memperdalam, memperluas wawasan dan keterampilan, serta mengembangkan pemahaman tentang suatu isu

kontemporer pada kajian Islam dan masyarakat Muslim kekinian dengan kematangan intelektual sehingga dapat

menghasilkan suatu sikap dan pemahaman yang universal, relevan dengan kebutuhan umat Islam dan mampu menjawab tantangan zaman.

4.

ICT in Language Education

This subject covers the current technology used in the world of English education. This subject then will focus on two science productions. First, how to apply the current technology in English education by making PODCUSS (Podcast & discuss with us). Second, the students are conditioned to write the report of the lecture in the form of an article with sinta 4 orientation. Every session of the lecture will guide all students’ writing progress of the article.

5.

Critical Discourse Analysis

This subject is the continuation from the bachelor degree. This subject then will focus on two science productions. First, how to make a discourse on a specific topic and give the solutions all at once. This discourse will be formatted in a ‘one man show’ (Tedx lecture-like) called Stand Up Ideas. Second, the students will critically write the report of the lecture in the form of an article with sinta 2 orientation. Every session of the lecture will guide all students’ writing progress of the article.

6.

Language Pedagogy

Language pedagogy refers to specialized methods and strategies teachers use to facilitate learning. This subject examines principles and practices of teaching a language. In language pedagogy, students focus on acquiring proficiency in a new language, often utilise their prior knowledge and experience. In this course, students learn the concept of  teaching and learning, the concept of language teaching, traditional language teaching methods, teaching methods, post modern language  methods, and its application in English Language Teaching. By the end of the course, students will be able (a) to understand the discipline concerned with the theories and techniques of teaching language, (b) to critically examine issues in English language pedagogy, and (c) to understand the type of teaching English.

7.

English Curriculum Development

The aim of curriculum development, in accordance with what has been stated by education experts, can be concluded that curriculum development aims to formulate a dynamic process that can answer challenges to the demands of change that occur in government and general.

8.

Assessment and Evaluation in English Language Teaching and Learning

The Assessment in ELT course is intended to provide professional training to students on how to carry out assessments for students in teaching English creatively and responsibly and how to develop assessment instruments that meet the curriculum rules.

9.

Current Issues in ELT and Applied Linguistics

Mata kuliah ini membahas tentang isu-isu terkini dalam Pembelajaran Bahasa Inggris dalam lima  ranah utama:  Metode,  Media, Penilaian, dan Pengembangan Profesi Guru. Sumber-sumber bacaan berbasis hasil penelitian dan buka-buku yang dikarang oleh penulis ororitatif.

10.

English Education Entrepreneurship

The subject of English Education Entrepreneurship is designed to facilitate the postgraduate students with entrepreneurial thought & skills related to English tutorial services as well as develop professional deeds for entering the challenging world workspace. At the end of the course, students should be able to apply their entrepreneurial thought & skills to be an Event Organizer (EO) for conducting seminar/webinar with the article publication according to target clients’ needs using the Design Thinking framework.

11.

Scientific Writing for Scholarly Research and Publication

Tujuan mata kuliah Scientific Writing for Scholarly Research and Publication ini agar dapat  meningkatkan keterampilan menulis artikel ilmiah mahasiswa dalam berbagai aspek yang ada. Menulis artikel ilmiah dapat dikembangkan ke dalm berbagai misalnya membuat makalah, laporan penelitian, dan lainnya. Di samping itu, mahasiswa dibimbing untuk mengembangkan artikel ilmiah untuk dijadikan bahan publikasi.

12.

Innovation in Language Education

Mata kuliah ini dirancang untuk mengakomodasi inovasi dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris. Mahasiswa akan memiliki pengetahuan, konsep dan keterampilan untuk berinovasi dalam proses pengajaran dan pembelajaran. Mata kuliah ini membantu mahasiswa untuk mengembangkan inovasi dalam merancang silabus, dalam mengembangkan pengajaranmateri dan media pembelajaran, serta dalam penerapan metode belajar mengajar. Para siswa diharuskan untukmencari sumber daya yang cocok dan sesuai untuk menentukan aspek apa dalam proses belajar mengajar yang seharusnya berubah. Selain itu, siswa harus memiliki pengetahuan yang lebih luas tentang merancang ruang kelas yang inovatif interaksi, baik melalui proses belajar mengajar secara offline maupun online. Kegiatan perkuliahan dilaksanakan melalui presentasi kelompok, diskusi, dan lokakarya pengembangan inovasi dalam ELT dengan menggunakan informasi teknologi. Mata kuliah ini menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek.

13.

Thesis Proposal

Thesis Proposal ini mengkaji tentang proposal tesis yang meliputi pemilihan judul, penyusunan latar belakang

masalah, rumusan masalah, kajian teori, serta metode penelitiannya, sehingga mahasiswa dapat

menghasilkan proposal tesis.

14.

Thesis

Thesis ini mengkaji tentang tesis yang meliputi pemilihan judul, penyusunan latar belakang

masalah, rumusan masalah, kajian teori, serta metode penelitiannya, sehingga mahasiswa dapat

menghasilkan proposal tesis.

15.

Second Language Acquisition and Foreign Language Teaching

Tujuan umum penulisan tesis ialah untuk memberikan kematangan (dalam membangun kerangka berpikir berdasarkan teori untuk memecahkan masalah) kepada mahasiswa dalam salah satu materi keilmuan yang merupakan inti dari penelitian tesis mahasiswa bersangkutan.

16.

English Critical Literacy

Mata kuliah ini mengeksplorasi sifat literasi, literasi kritis, dan praktiknya dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa baik dari perspektif praktik sosial, multi-literasi, atau konteks terkait lainnya. Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang bagaimana mendapatkan semua kemungkinan makna dari berbagai teks lisan dan tertulis secara aktif, reflektif untuk lebih memahami kemungkinan hubungan kekuasaan, ketidaksetaraan, dan ketidakadilan dalam hubungan manusia.

17.

Young Learners Education Study Skills

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang karakteristik anak dan pengajaran bahasa untuk anak-anak kepada guru- guru bahasa Inggris, membuat bahan ajar Bahasa Inggris yang sistematis, kontekstual dan sesuai untuk anak–anak usia dini.

18.

Translation in English Education

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan mengenai kemahiran berbahasa Inggris yang berfokus pada keterampilan menerjemahkan. Mahasiswa diharapkan mampu untuk menerjemahkan teks ilmiah, teks populer, teks sastra dan dokumen resmi.

 

Register Yourself Now

We don’t just provide students with an education and experience that prepares them for career success. We help them succeed in their careers as well as to find a field they are passionate about and dare to lead it.