Dr. H. Engkos Kosasih, M.Ag.

Ketua Program Studi

Program Studi
Sejarah Peradaban Islam

Program Magister Pascasarjana
UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Dr. Usman Supendi, M.Pd

Sekretaris Program Studi

Ringkasan Eksekutif

Sejarah Peradaban Islam adalah salah satu program studi yang ada di lingkungan Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Secara historis prodi S2 SPI ini mendapat ijin Pada tanggal 13 Maret 2014 dengan terbitnya Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Islam nomor 1460 tahun 2014 dengan nama Program Magister Studi Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI). SKI awalnya berada di bawah Program Studi Ilmu Agama Islam sebagai konsentrasi, namun dengan keluarnya SK tersebut, SKI kini menjadi program studi sendiri.

Sejarah Peradaban sebagai sebuah disiplin ilmu memiliki ciri khas tersendiri dibanding dengan prodi-prodi lain di bidang sejarah, yaitu fokus kajiannya yang dibalut keislaman, terkhusu Islam lokal yang memiliki ciri khas sendiri.

Program Studi Sejarah Peradaban didirikan dengan tujuan untuk menyiapkan sumberdaya manusia strata dua (S2) atau tingkat magister yang ahli dan berkualitas di bidang sejarah khususnya sejarah Islam, dengan cara menyiapkan SDM yang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini seusuai dengan visi yang telah dicanangkan yakni “Menjadi Pogram Studi yang Unggul dan Kompetitif dalam Bidang Sejarah Peradaban Islam Berdasarkan Paradigma Wahyu Memandu Ilmu di Tingkat Asia Tenggara pada tahun 2025”

Program studi S2 SPI merupakan nomenklatur yang digunakan oleh UIN Sunan Gunung Djati Bandung, mengacu pada KMA Nomor 33 tahun 2016 tentang Gelar Akademik Perguruan Tinggi Keagamaan, serta tertuang dalam dalam kebijakan pemerintah tentang pendidikan tinggi.

Program studi S2 SPI menyelenggarakan pembelajaran secara tatap muka di kelas, serta melaksanakan evaluasi pembelajaran terhadap mahasiswa dalam berbagai bentuk, yakni tugas mandiri (TM), tugas terstruktur (TST), UTS dan UAS, ujian seminar proposal, ujian komprehensif, serta ujian Tesis, yang menguji penelitian tesis mahasiswa. Hal ini dilaksanakan dalam rangka melaksanakan tata kelola pendidikan tinggi.

Program studi S2 SPI Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam mekanisme tata pamong, kepemimpinan dan sistem pengelolaan, dipimpin oleh seorang direktur dan ketua prodi yang bertanggung jawab kepada direktur, mereka bertugas memimpin semua pelaksanaan pengelolan UPPS dan program studi S2 SPI Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung, proses perkuliahan mahasiswa, dan yang berkaitan dengan pengajaran, penelitian serta pengabdian para dosen.

Sistem pengelolaan program studi S2 SPI ini sesuai dengan pedoman yang digunakan baik oleh Universitas. Menurut PMA 14 Tahun 2015 tentang Statuta UIN Sunan Gunung Djati Bandung bahwa penentuan Direktur diangkat oleh Rekor sedangkan Ketua Prodi dilakukan atas usul Direktur.

Rekrutmen mahasiswa pada program studi S2 SPI melalui jalur mandiri PBT/CBT. Calon mahasiswa yang mendaftar pada program studi S2 SPI harus memenuhi persyaratan-persyaratan yang telah ditetapkan oleh Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Dengan adanya persyaratan ini, diharapkan dapat menghasilkan input mahasiswa yang memiliki bukan hanya kemampuan akademik, tetapi juga kemampuan dalam menyelesaikan pendidikan pada Pascasarajana.

DESKRIPSI GENERIK

  • Program Studi Sejarah Peradaban Islam tidak lepas dari tuntutan masyarakat akademik lingkungan UIN SGD Bandung untuk mengembangkan keilmuwan bidang sejarah, kebudayaan, dan peradaban Islam. Selain itu dibentuknya prodi  magister Sejarah Peradaban Islam (SPI) didasarkan pada kondisi objektif sumber daya pengajar di jurusan S1 Sejarah Peradaban Islam (SPI) yang telah banyak memperoleh gelar doctor di bidang ilmu sejarah.

 

DESKRIPSI SPESIFIK

  • Program Studi Sejarah Peradaban Islam menyelenggarakan proses dan kegiatan akademik yang mengarah pada pencapaian program studi yang unggul dan kompetitif sesuai dengan visi dan misi program studi yang ingin dicapai

 

Peluang Karir

  1. Sejarahwan

Selama menempuh studi di jurusan Sejarah Peradaban Islam, pengetahuan kamu tentang ilmu sejarah, khususnya sejarah Islam tentu akan semakin bertambah luas. Pengalaman yang kamu peroleh untuk mendalami bidang tersebut semakin mempertajam kualitas diri kamu dalam memberikan pandangan secara menyeluruh, objektif, dan berguna untuk kemaslahatan bersama. Hal ini bisa menjadi bekal untuk kamu yang ingin berprofesi sebagai sejarawan atau ahli sejarah.

2. Peneliti

Jika kamu memiliki kemampuan dalam memilah data, mengolah, hingga menyajikannya dengan ringkas, profesi satu ini sangat cocok untuk kamu. Kemampuan ini tentu sudah kamu pelajari selama berkuliah di jurusan Sejarah Peradaban Islam. Kamu bisa menjadi seorang peneliti di berbagai industri, mulai dari film, radio, TV, hingga pemerintahan. Industri-industri ini membutuhkan bantuan dari orang-orang yang mampu menyelidiki sebuah peristiwa dan memeriksanya secara akurat.

3. Tenaga Pendidik

Apakah kamu bercita-cita menjadi seorang pendidik? Masuk di jurusan Sejarah Peradaban Islam juga membuka peluang yang besar. Kamu bisa memilih untuk menjadi tenaga pendidik di berbagai tingkatan atau jenjang sekolah, Misalnya kamu bisa mengajar di Madrasah Aliyah yang berfokus pada mata pelajaran Sejarah dan Kebudayaan Islam.

Kamu juga bahkan bisa memilih untuk menjadi seorang dosen di universitas. Namun, untuk menjadi dosen, kamu harus menyelesaikan studi S2 kamu terlebih dahulu.

4. Pegawai Museum

Museum merupakan salah satu tempat pembelajaran edukatif yang sangat bermanfaat untuk mengenal lebih dekat suatu peristiwa yang terjadi di masa lampau, baik pendekatan secara konvensional maupun modern. Oleh karena itu, dibutuhkan tenaga ahli yang dapat mengemban amanah sebagai pegawai museum, salah satunya dari lulusan jurusan Sejarah Peradaban Islam. Hal ini karena, lulusan ini memiliki pengetahuan sejarah yang luas.

Untuk menjadi pegawai museum, kamu juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, percaya diri, sabar, ulet, dan selalu memperkaya ilmu pengetahuan atau tidak pernah cepat puas terhadap ilmu yang dimiliki, sopan, dan berintegritas.

5. Pegawai Negeri Sipil

Bekerja di instansi pemerintahan, sebagai Pegawai Negeri Sipil bisa dibilang merupakan incaran para lulusan perguruan tinggi. Jika kamu masuk ke jurusan Sejarah Peradaban Islam, kamu juga memiliki kesempatan untuk menjadi PNS. Kamu bisa masuk di beberapa instansi pemerintahan, misalnya Departemen Agama, atau Kebudayaan dan Pendidikan.

Visi, Misi, Tujuan

VISI

“Menjadi program studi yang unggul dan kompetitif, pada bidang Sejarah  Peradaban Islam berdasarkan paradigma wahyu memandu ilmu di tingkat ASEAN pada tahun 2025”

MISI

  1. Menyiapkan tenaga ahli yang professional, unggul dan kompetitif dalam bidang Sejarah Peradaban Islam yang berfitrah Islam dan berakhlak al-Karimah serta memiliki wawasan luas, terbuka dan peduli terhadap persoalan-persoalan keumatan;
  2. Menyelenggarakan tata kelola pendidikan secara profesiona, efektif dan efesien serta responsive dalam menjawab tantangan dan dinamika zaman dengan cara mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dan ilmu pengetahuan berdasarkan paradigma wahyu memandu ilmu.
  3. Mengembangkan studi dan penelitian dengan mengintegrasikan ilmu-ilmu keislaman dan sosial budaya (Humaniora Profetik);
  4. Menyelenggarakan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berdasarkan hasil kajian dan penerapan hasil-hasil penelitian Sejarah Peradaban Islam.
  5. Mengembangkan jejaring dan kemitraan baik dengan institusi pemerintah, swasta maupun antar institusi pendidikan tinggi pada tingkal lokal, nasioanal dan internasional.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan magister SPI yang profesional, kreatif, integratif dan berakhlak mulia;
  2. Menghasilkan lulusan magister SPI yang memiliki wawasan keilmuan yang komprehensif yang mempadukan antara kearifan lokal dan isu global;
  3. Menghasilkan ilmuan yang mengintegrasikan ilmu-ilmu keislaman dan sosial budaya (profetik);
  4. Menghasilkan para peneliti, penulis dan pengajar di bidang SPI;
  5. Menghasilkan lulusan magister SPI yang memiliki kemampuan kerjasama (dalam dan Luar negeri) dalam mengembangkan profesi keilmuan Sejarah dan Kebudayaan Islam;

Komponen dan Perkiraan Biaya Studi

KOMPONEN BIAYA STUDI

Biaya Pendaftaran & Test  : Rp 350.000,-

Kelas A:

JENIS PEMBAYARAN

NOMINAL

SPP semester I

Rp   3.000.000,-

SPP semester II

Rp  3.000.000,-

SPP semester III

Rp  3.000.000,-

SPP semester IV

Rp    3.000.000,-

TOTAL

Rp 12.350.000,-

Kelas B: 

JENIS PEMBAYARAN NOMINAL
SPP semester I Rp   4.000.000,-
SPP semester II Rp  4.000.000,-
SPP semester III Rp  4.000.000,-
SPP semester IV Rp    4.000.000,-
TOTAL Rp 16.350.000,-

 

Susunan Pengelola dan Dosen Hombase

SUSUNAN PENGELOLA

DIREKTUR  : Prof. Dr. H. Supiana, M.Ag., CSEE

Ketua Prodi : Dr. H. Asep Achmad Hidayat, MAg

Sekretaris Prodi : Dr. Usman Supendi, M.Pd

Staf Prodi : Hepi Sopian, S.Pd. / Rahadian Nur Irfan S.

Kasubag TU : Taufik, S.Pd.I

 

DAFTAR DOSEN PENGAJAR 

  1. Prof. Dr. H. Sulasman, M.Hum
  2. Dr. H.  Ajid Thohir, M.Ag
  3. Dr. Asep Achmad Hidayat, M. Ag
  4. Dr.Setia Gumilar, M.S.i
  5. Dr. Ading Kusdiana, M.Ag
  6. Dr. Ajid Hakim, M.Ag
  7. Dr.Samsudin, M.Ag
  8. Dr. Usman Supendi, M.Pd
  9. Dr. Dedi Supriadi, M.Hum
  10. Dr. Asep Supianudin
  11. Dr. Lilis Satriah, M.Pd
  12. Dr. Suparman, M. Ag
  13. Dr. H. Wawan Hermawan, M.Ag

Standar Kurikulum

STANDAR KURIKULUM

PRODI HUKUM KELUARGA S2

PASCASARJANA UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

 

No.

Semester

Kode Mata Kuliah

Nama Mata Kuliah

Mata Kuliah Kom-petensi

Bobot Kredit

Kuliah/ Responsi/ Tutorial

Praktikum/ Praktik/ Praktik Lapangan

1

2

3

4

v

6

8

1

[

MKKD `00001

Kaidah Penafsiran Ayat Ahkam 

v

3

0

2

[

MKKD

Kaidah Pemahaman Hadits Ahkam

v

3

0

`00002

3

[

MKKD

Sejarah Pemikiran dan Perkembangan Hukum Islam

v

3

0

`00003

4

[

MKKD

Ilmu Ushul Fiqh

v

3

0

`00004

5

[

MKKD

Ilmu Qawaid al-Ahkam

v

3

0

`00005

6

[I

MKKU

Perbandingan Hukum Keluarga antar Madzhab dalam Islam

v

3

0

`00001

7

[I

MKKU `00002

Filsafat Hukum Keluarga Islam

v

3

0

 

8

[I

MKKU `00003

Hukum Islam Kontemporer tentang Keluarga

v

3

0

 

9

[I

MKKU `0004

Politik Hukum Keluarga di Indonesia

v

3

0

 

10

[I

MKKU `00005

Penyelesaian Sengketa Keluarga di Indonesia

v

3

0

 

11

[I

MKKU `00006

Seminar Proposal Penelitian

v

3

0

 

12

III

MKKP  `00001

Psikologi Keluarga dan Konsep Keluarga Sakinah

v

3

0

 

13

III

MKKP `00002

IlmuTaqnin Al-Ahkam dan StrategiTransformasi Hukum Islam

v

3

0

 

14

III

MKKP `00003

Teori Kesetaraan Gender dalam Islam

v

3

0

 

15

III

MKKL `00004

Tindak Pidana dalam Keluarga

v

3

0

 

16

III

MKKL `00005

Kapita Selekta Hukum Keluarga

v

3

0

 

Sasaran Tahun Akademik 2020 -2025

Sampai dengan tahun 2025 sasaran prodi SPI:

  1. Menghasilkan minimal 100 lulusan yang unggul dan kompetitif dalam kajian sejarah dan peradaban Islam dengan memiliki komitmen akademik yang profesional yang disiapkan sebagai tenaga ahli yang dapat mengisi lapangan kerja sebagai ahli sejarah, peneliti, diplomat, pembawa acara, PNS, dosen, editor, guru (plus pendidikan profesi), penulis, wartawan, pegawai di museum, lembaga kearsipan, pemandu wisata sejarah, politisi, pamong budaya, dan dinas
  2. Menghasilkan minimal 100 penelitian, artikel, dan buku daras dalam bidang kajian Sejarah dan Peradaban Islam yang memiliki kualitas standar nasional dan internasional dan memiliki jaringan dan akses yang luas di tingkat lokal, nasional, dan internasional.
  3. Terwujudnya berbagai aktivitas dosen dan mahasiswa dalam bidang pengabdian masyarakat.
  4. Memiliki sistem pengelolaan akademik dan administrasi akademik yang memenuhi standar pendidikan lokal, nasional, dan Internasional.

Strategi pencapaian dilakukan dengan:

  1. Meningkatkan disiplin, kinerja, kompetensi (pedagogis, profesional, kepribadian, dan sosial) dan dosen, dalam proses belajar mengajar (PBM) melalui monitoring, supervisi, dan evaluasi berkelanjutan, untuk mencapai hal tersebut program-progam seperti workshop, pelatihan, seminar, penelitian dan pengabdian menjadi sarana yang nyatauntuk meningkatkan kinerja dosen dan tendik diadakan pelatihan misalnya pelatihan system aplikasi salam, SIP, dan Learning Management System (LMS), selain itu kualitas sumber daya yang ada dipantau dan dievaluaisi oleh program studi dan mahasiswa melalui angket penilaian kinerja dosen.;
  2. Melakukan berbagai pembenahan, inovasi kurikulum, instrument pembelajaran Silabus, SAP atau Rencana Program dan Kegiatan Pembelajaran Semester (RPKPS), media pembelajaran, dan evaluasi (monitoring, supervisi, dan assessment) yang sesuai dengan perkembangan dan tuntutan ke depan. Hal ini terbukti dengan pelaksanaan workshop kurikulum yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh program studi, kurikulum tersebut merupakan hasil rumusan yang di rumuskan berbagai pihak baik dosen, mahasiswa, lulusan, dan pengguna.
  3. Meningkatkan kualitas dosen program studi SPI dengan kualifikasi dosen jenjang S-3 yang linier dengan disiplin ilmu sejarah, mengikuti penelitian, diskusi bulanan, seminar, pelatihan, dan penulisan jurnal ilmiah terakreditasi (nasional dan internasional).
  4. Membangun kerjasama atau kemitraaan dengan berbagai instansi atau lembaga yang memiliki hubungan langsung atau tidak langsung dengan kajian sejarah dan peradaban Islam. Kerjasama ini dapat dilakukan baik antarprodi sejarah di peguruan tinggi Agama maupun umum, instansi pemerintah dan swasta, dan alumni prodi SPI yang terkait dengan pengembangan keilmuan dan Profesionalisme.

Tentang Program Studi

M.Hum – Magister (S2)

4 semester (perkiraan studi penuh waktu)

Gedung Pascasarjana  – Kampus 2 
UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Akreditasi Nasional :
❯  Unggul

Daftarkan Dirimu Sekarang

Kami tidak hanya memberi siswa pendidikan dan pengalaman yang menyiapkan mereka untuk sukses dalam karier. Kami membantu mereka sukses dalam karir mereka juga untuk menemukan bidang yang mereka sukai dan berani memimpinkannya.