Dr. Karman, M. Ag
Ketua Program Studi
Program Magister Pascasarjana
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Dr. Hasbiyallah, M. Ag
Sekretaris Program Studi
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memasuki era persaingan global yang akan mempengaruhi tingginya tingkat persaingan dalam pengelolaan pendidikan tinggi. Globalisasi telah melahirkan tuntutan-tuntutan baru pada institusi pendidikan tinggi. Salah satu pemicu tuntutan itu adalah pencapaian kemajuan teknologi informasi yang luar biasa membuat era persaingan bergeser dari era informasi menjadi era data dan era digitalisasi.
Konsekuensi logisnya Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung sebagai salah satu institusi yang bergerak dalam pendidikan tinggi mengemban misi ganda, yaitu akademik dan sosial tetapi dituntut untuk dapat survive di pasar bebas, Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung harus mampu berkiprah dan meningkatkan dinamika dalam era persaingan yang semakin terbuka. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung berusaha menjadi institusi yang konsisten senantiasa mengadakan pertumbuhan, perubahan dan pembaharuan (growth, change and reform) ke arah yang lebih baik.
Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada tahan 2024-2028 harus semakin adaptif dan mampu meningkatkan citra akademik melalui peningkatan Akreditasi yang unggul di tingkat nasional dan internasional. Untuk itu dengan memperhatikan isu-isu baik internal maupun eksternal serta pengkajian yang mendalam.
Bidang Akademik |
|
Bidang Penelitian dan Pengabdian |
|
Bidang Kerjasama |
|
VISI
Menjadi pusat pengembangan manajemen pendidikan islami yang unggul, kompetitif dan inovatif berbasis Rahmatan Lil Alamin di Asia Tenggara tahun 2029.
MISI
TUJUAN
KOMPONEN BIAYA STUDI
Biaya Pendaftaran & Test : Rp 350.000,-
JENIS PEMBAYARAN |
NOMINAL |
SPP semester I |
Rp 3.000.000,- |
SPP semester II |
Rp 3.000.000,- |
SPP semester III |
Rp 3.000.000,- |
SPP semester IV |
Rp 3.000.000,- |
TOTAL |
Rp 12.350.000,- |
SUSUNAN PENGELOLA
Direktur : Prof. Dr. H. Ahmad Sarbini, M.Ag.
Ketua Prodi : Dr. Karman,S.Ag., M.Ag.
Sekretaris Prodi : Dr. H. Hasbiyallah,S.Ag. , M.Ag.
Staf Prodi : Dr. Ahmad Masrur, M.Ag
Kasubag TU : Taufik, S.Pd.I
DAFTAR DOSEN PENGAJAR
STANDAR KURIKULUM
PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM JENJANG MAGISTER (S2) PASCASAJANA UIN SGD BANDUNG
(TAHUN AKADEMIK 2021 s.d 2025)
MATA KULIAH | DESKRIPSI MATA KULIAH | SKS |
---|---|---|
SEMESTER I | ||
Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan Islam | Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang konsep, prinsip dan teori-teori dasar manajemen pendidikan Islam yang meliputi tentang pengertian, asas dan landasan, serta pandangan/persefektif berbagai ilmuan. | 3 |
Tafsir Manajemen Pendididkan | Mata Kuliah ini disampaikan melalui tiga pendekatan yakni bayani, burhani, dan irfani. Tujuan mata kuliah ini memberikan keterampilan berpikir Islami tentang manajemen. Objek materianya unsur-unsur manajemen yang meliputi antara lain Pendekatan, Strategi, Metodelogi, dan seni MPI. Empat konsep al Qur-an tentang aktivitas utama kepemimpinan yakni tuntutan memotivasi dan berkomunikasi dengan staf, keterampilan bernegosiasi menurut Quran, dan bimbingan Quran dalam membuat keputusan. | 3 |
Hadis Manajemen Pendidikan | Mata kuliah ini bertujuan memberikan keterampilan berpikir Islami tentang manajemen Pendidikan. Objek materianya unsur-unsur manajemen tradisi Rosulullah yang meliputi antara lain Pendekatan, Strategi, Metodelogi, dan seni Manajerial. Empat konsep hadis/tradisi tentang aktivitas utama kepemimpinan yakni tuntutan memotivasi dan berkomunikasi dengan staf, keterampilan bernegosiasi menurut hadis dan bimbingan Hadis (Tradisi) Rasulullah dalam membuat keputusan. Rosulullah menjadi tuntutan Teori Manajemen Pendidikan Islam | 3 |
Filsafat Ilmu | Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar tentang filsafat ilmu, kedudukan, fokus, cakupan, tujuan dan fungsinya serta kaitannya dengan Mata Kuliah Keprodian. Berikutnya dibahasa pula tentang karakteristik filsafat, ilmu dan pendidikan serta jalinan fungsional antara rumpun keilmuan tersebut. Lebih lanjut Mata Kuliah ini akan mengkaji dan menggali sistematika, permasalahan, keragaman, pendekatan dan paradigma (pola pikir) sebagai landasan pada mata kuliah metodelogi penelitan baik kualitatif maupun kuntitatif. | 3 |
Perencanaan Pendidikan Islam | Mata Kuliah ini memberi pemahaman dan keterampilan membuat perencanaan strategis pendidikan. Pendidikan sebagai proses manajemen memerlukan pendekatan sistem dalam menentukan kebutuhannya, dengan harapan di masa depan visi, misi, tujuan antara (objective), dan rangkaian kegiatan Pendidikan Islam dapat terkoneksinya antara rencana strategis dengan rencana operasional dalam rangka mewujudkan lembaga pendidikan yang berkualitas. | 3 |
Manajemen SDM Pendididikan | Mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan ini merupakan mata kuliah yang membekali pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dengan mengedepankan penguasaan topik utama yaitu konsep dasar manajemen Pendidikan dan perencanaan sumber daya manusia; analisis Manajemen Sumber Daya Manusia; rekrutmen tenaga kerja; pengembangan dan pelatihan sumber daya manusia; perencanaan dan pengembangan karier; penilaian prestasi kerja; serta motivasi, kepuasan, dan produktivitas kerja | 3 |
Studi Naskah | Mata Kuliah ini mempelajari unsur-unsur dan topik-topik bahasan Manejemen Pendidikan Islam yang bersumber dari Kajian Keilumuan Pendidikan di Timur Tengah. Pokok Bahasan dalam Mata kuliah ini membahas topik-topik mengenai pengertian, pemahaman, dan penerapan teori-teori pengalihan bahasa Arab kedalam Bahasa Indonesia. Untuk keperluan tersebut diperlukan pertemuan dosen, dan mahasiswa yang membahas, dan melatih keterampilan pengalihan Bahasa, dan atau mentrasformasikan keilmuan manajemen Pendidikan Islam.. | 3 |
(B. Arab) | ||
Studi Naskah | Mata Kuliah ini mempelajari unsur-unsur dan topik-topik bahasan Manejemen Pendidikan Islam yang bersumber dari Kajian Keilumuan Pendidikan di Eropa. Pokok Bahasan dalam Mata kuliah ini membahas topik-topik mengenai pengertian, pemahaman, dan penerapan teori-teori pengalihan bahasa Inggris kedalam Bahasa Indonesia. Untuk keperluan tersebut diperlukan pertemuan dosen, dan mahasiswa yang membahasa, dan melatih keterampilan pengalihan Bahasa dan mentransformasikan keilmuan kontemporer dunaia eropa kedalama manajemen pendidikan Islam. | 3 |
(B. Inggris) | ||
JUMLAH | 24 | |
SEMESTER II | ||
Kepemimpinan Pendidikan Islam | Mata Kuliah ini mengkaji Konsep, Prinsip, dan Teori-teori Kepemimpinan, diantaranya model, dan atau gaya kepemimpinan instruksional, transaksional, transformasional) sehingga tercapai nilai dan tujuan lembaga pendidikan dengan berbasis kepada kesejahtraan dan peningkatan pelayanan akademik. | 3 |
Manajemen Strategik Pendidikan | Mata Kuliah ini mengkaji Konsep, Prinsip, dan teori-teori manajemen strategik baik secara teoris seperti model BSC, TQM, BOS dan lainnya seperti yang diterapkan di dunia pendidikan dengan tujuan mahasiswa diharapkan mampu memberi makna akan sifat alamiah manajemen strategik, isi strategik, metode penilaian lingkungan Pendidikan baik internal maupun eksternal, sehingga mampu meng-implementasikannya dalam operasional pendidikan. | 3 |
Metodelogi Penelitian Kuantitatif | Mata Kuliah ini bertujuan mahasiswa memiliki kemampuan menyusun proposal penelitian Kuantitatif. Pokok bahasan dalam Mata kuliah ini meliputi; Konsep dasar penelitian; Karakteristik penelitian kuantitatif; Jenis-jenis penelitian kuantitatif; Prosedur penelitian kuantitatif; Sistematika proposal penelitian kuantitatif; Identifikasi masalah dan menentukan topik penelitian; Variabel dan pengukurannya; Perumusan Hipotesis; Kajian teori dan empiris; analisis jurnal penelitian kuantitatif; Rancangan penelitian; Populasi & sampel; Instrumen; Teknik analisis data kuantitatif dan penarikan kesimpulan. Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa dapat menyusun proposal penelitian kuantitatif. | 3 |
Metodologi Penelitian Kualitatif | Mata Kuliah ini bertujuan mahasiswa memiliki kemampuan menyusun proposal penelitian kualitatif, Pokok bahasan dalam Mata kuliah ini meliputi; Konsep dasar penelitian; Karakteristik penelitian kualitatif; Jenis-jenis penelitian kualitatif; Prosedur penelitian kualitatif; Sistematika proposal penelitian kualitatif; Identifikasi masalah dan menentukan topik penelitian; Kajian teori dan empiris; Kehadiran/keterlibatan peneliti; Sumber data; Prosedur pengumpulan data; Triangulasi data; Pengecekan keabsahan temuan; Teknik analisis data dan penarikan kesimpulan. | 3 |
Pengawasan dan Evaluasi Pendidikan | Mata Kuliah ini memberikan pemahaman dan keterampilan untuk meng-audit hasil kerja guru (menyeleraskan sillabus dengan tujuan dan sasaran lembaga) dan mengaudit keuangan. Secara bertingkat kinerja pengawasan ini beranjak dari kelembagaan lokal (sekolah) ke organisasi yang lebih tinggi, seperti dinas dan kementrian. Siklus pengawasan tidak pernah berhenti dari guru ke murid sampai akhirnya orangtua murid mengawasi kebijakan publik secara nasional. | 3 |
Studi Kebijakan Pendidikan | Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman dan keahlian komprehensif kepada mahasiswa secara konseptual dan praktis mengenai teori kebijakan dan kebijakan pendidikan serta analisanya secara utuh pada formulasi, implementasi, monitoring dan evaluasi sutau kebijakan pendidikan. | 3 |
Entrepreneurship Pendidikan Islam | Mata Kuliah Enterprenership Mata Kuliah ini bertujuan mengembangkan potensi untuk melihat dan mengkreasikan peluang dalam mewujudkan cita-cita Mahasiswa. Ruang lingkup konsep entrepreneurship yang akan dibahas dan didiskusikan dalam mata kuliah ini berorientasi pada dua aspek utama, yaitu orientasi nilai (value-oriented) dan orientasi tujuan (goal-oriented). Salah satu muatan penting yang perlu diintroduksi kepada mahasiswa yaitu internalisasi sistem nilai yang terkandung dalam entreprneurship, yakni kemandirian, berpikir kreatif, soft-skill, keterampilan interpersonal, komunikasi persuasif, kerja keras, persistensi, dan lainnya. Secara Komulatif lulusan diharapkan mempunyai kemampuan startup dalam bidang manajemen pendidikan Islam. | 3 |
JUMLAH SKS | 21 | |
SEMESTER III | ||
Organisasi Lembaga Pendidikan | Mata Kuliah ini merupakan studi empirik “the existing condition” tentang pengorganisasian lembaga pendidikan. Bertujuan untuk memahami sistem pengorganisasian lembaga pendidikan yang paling efektif meningkatkan mutu delapan aspek pendidikan yang dijadikan standar. Juga mengenalkan dan memberi pemahaman akan macam ragamnya jenis dan jenjang pengorganisasian pendidikan di Indonesia maupun di negara lain. | 3 |
Pembiayaan Pendidikan | Mata Kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman dan keterampilan menganalisis biaya Pendidikan dan peluang sumber biaya, menilai total biaya pendidikan, Keperuntukan komponen biaya Pendidikan, keuntungan dan kerugian dari berbagai jenis biaya unit juga dibandingkan. Pengetahuan ini menjadikan mahasiswa kritis terhadap segala bentuk manipulasi audit pembiayaan pendidikan | 3 |
SIM Pendidikan | Mata Kuliah ini bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk memiliki kompetensi dalam menguasai konsep dasar sistem informasi manajemen hingga mampu membuat desain aplikasi layanan informasi pendidikan. Pokok Bahasan Mata Kuliah meliputi pembahasan konsep dasar sistem informasi manajemen, pengembangan sistem informasi, model sistem informasi manajemen, aspek-aspek perancangan sistem informasi yang menunjang terhadap perkembangan dunia pendidikan | 3 |
Psikologi Organisasi | Mata kuliah ini membahas konsep dasar perilaku organisasi, faktor kepribadian individu yang berpengaruh terhadap perilaku organisasi, upaya-upaya untuk meningkatkan produktifitas organisasi, struktur, dan desain organisasi dalam dunia pendidikan | 3 |
Internship Manajemen Pendididkan | Mata Kuliah Internship Praktikum Penelitian/Internship adalah mata kuliah yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengalaman lapangan terkait teori dan konsep yang dikembangkan dalam Ilmu Manajemen Pendidikan. Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu memformulasikan masalah yang terjadi di lapangan, menggali data dari lapangan, dan membuat pemecahan masalah secara ilmiah sesuai dengan teori dan konsep yang berkembang dalam Ilmu Manajemen Pendidikan Islam. | 3 |
JUMLAH SKS | 15 | |
SEMESTER IV | ||
Ujian Proposal Tesis | 2 | |
Ujian Komprehensif | 3 | |
Ujian Tesis | 5 | |
JUMLAH SKS | 10 | |
JUMLAH TOTAL SKS | 70 sks |
Untuk mencapai visi, misi, dan tujuan Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam maka dirumuskan sasaran Program Studi dalam rencana strategi program studi Magister Manajemen Pendidikan Islam tahun 2024 – 2029 sebagai berikut:
Sasaran yang akan dicapai oleh program studi Manajemen Pendidikan Islam di bidang pendidikan dan pengajaran adalah:
Topik penelitian dalam Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengacu pada tingkat kompetensi keilmuan dosen, ketersediaan sumber daya manusia, isu strategis lokal dan nasional atau internasional dalam isu kepemimpinan, pengawasan, organisasi lembaga pendidikan Islam.
Sasaran yang akan dicapai oleh program studi Magister Manajemen di bidang pengabdian kepada masyarakat diharapkan berdampak pada peningkatan (1) Perbaikan, (2) produktifitas, (3) kesejahteraan, dan (3) mutu lingkungan, adapun topik pengabdian masyarakat dikaitkan dengan Tata Kelola, Keuangan dan Peningkatan daya saing SDM Lembaga Pedidikan Islam:
M.Pd. – Magister (S2)
4 semester (perkiraan studi penuh waktu)
Gedung Pascasarjana – Kampus 2
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Akreditasi Nasional :
❯ Baik
Kami tidak hanya memberi siswa pendidikan dan pengalaman yang menyiapkan mereka untuk sukses dalam karier. Kami membantu mereka sukses dalam karir mereka juga untuk menemukan bidang yang mereka sukai dan berani memimpinkannya.