berita,  Doktor,  Tak Berkategori

Studi Agama-Agama S3 Siapkan Publikasi Internasional

Dalam rangka mendukung dan mendorong publikasi artikel ilmiah pada jurnal bereputasi internasional, Program Studi Studi Agama-Agama (SAA) S3 Pascasarjana UIN Bandung bergerak cepat memfasilitasi mahasiswa untuk bersama-sama belajar dan menyiapkan artikel ilmiah siap publikasi di jurnal internasional bereputasi. Kegiatan workshop pendampingan penulisan artikel ilmiah yang dilaksanakan selama 2 hari (26-27 Februari 2020) tersebut diikuti oleh 24 mahasiswa Program Beasiswa SAA S3 angkatan 2017.

Materi utama disampaikan oleh Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP., MT yang utamanya menjelaskan kerangka artikel ilmiah yang baik. Kerangka tersebut mulai dari cara membuat Judul, Nama, Afiliasi, Abstrak, Keywords, Pendahuluan, Metodologi, Hasil dan Pembahasan, Simpulan, hingga Ucapan Terima Kasih dan Referensi. Beliau memberi pesan bahwa, “Tantangan menulis itu adalah memulai, mulailah dari hal kecil, bahkan tulislah satu kata. Tidak perlu membuat artikel yang “wow”, seolah ingin mengubah dunia, mulai dari hal sederhana, tapi disampaikan dengan jelas, padat, namun tetap detil dan berdampak.”

Di hari ke-dua, kelengkapan isi artikel secara bersama-sama dibahas dan dilengkapi. Pendampingan dilakukan lebih intensif dengan membagi kelompok dan secara personal dilakukan sesuai kebutuhan masing-masing artikel peserta.

Kegiatan yang digagas oleh Dr. H. Adeng Muchtar Ghazali, M.Ag sekaligus sebagai ketua penyelenggara ini diharapkan dapat menambah wawasan terkait publikasi artikel ilmiah pada jurnal internasional bereputasi terindeks SCOPUS dengan memanfaatkan IT Literacy. Seluruh peserta pun terlihat antusias dan bersemangat merekonstruksi artikel mereka sehingga dirasa baik untuk dipublikasikan pada jurnal internasional. (USI Pasca)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *