SOP

Sistem Operasional Pegawai

Sub Koordinator

Mengkordinir seluruh informasi kegiatan Administrasi Pascasarjana dalam hal :

  1. Akademik dan Kemahasiswaan;
  2. Keuangan; 
  3. Pelayanan dan pemantauan administrasi public, kerjasama dan kehumasan;
  4. Umum dan rumah tangga;
  5. Melaksanakan tugas yang ditunjuk oleh Direktur atau Wakil Direktur Pascasarjana UIN SGD Bandung.
Sistem Operasional Pegawai

Staf Direksi

  1. Mengagendakan kegiatan Direktur dan Para Wakil Direktur
  2. Menata dan mengarsipkan dokumen penting khusus untuk Direksi
  3. Mencatat surat-surat yang masuk ke Direksi
  4. Mengkoordinasikan surat-surat ke Direksi dan mendistribusikan kembali ke Sub Koordinator TU
  5. Melayani kebutuhan Direksi dalam hal administrasi
  6. Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan oleh Direksi
Sistem Operasional Pegawai

Bendahara Pengeluaran Pembantu

  1. BPP Pengeluaran Pascasarjana
  2. Pertanggungjawaban SPJ/Bulan/ Kegiatan
  3. Melakukan rekonsiliasi SPJ Pengeluaran dengan bendahara pengeluaran UIN SGD Bandung;
  4. SPJ Beasiswa /Semester/Tahun
  5. Mengontrol serapan Anggaran
  6. Pelayanan Informasi dan Kegiatan Akademik kepada Mahasiswa dan Dosen
  7. Pengarsipan Dokumen SPJ Kegiatan Pascasarjana
  8. Melakukan Administrasi Pembayaran Pajak.
  9. Pembuatan Surat Kontrak Pemesanan barang atau hasil pekerjaan pada Pascasarjana. 
  10. Pencatatan surat keluar yg berkaitan dengan kegiatan BPP. (Dengan memberi nomor/kode surat)
  11. Penyusunan kelengkapan dokumen laporan pertanggungjawaban atas pengeluaran yang telah dibayarkan oleh BPP.
  12. Penataan arsip dokumen laporan pertanggungjawaban sesuai nomor Berita Acara Serah Terima (BAST).
  13. Pembuatan Nominasi Honorarium Dosen LB dan Dosen Tamu pada kegiatan Perkuliahan Pascasarjana.
  14. Pembuatan Nominasi Honorarium Dosen LB pada kegiatan Sidang di Pascasarjana.
  15. Pembuatan Nominasi Honorarium pada kegiatan di Pascasarjana.
Sistem Operasional Pegawai

Bendahara Penerimaan Pembantu

  1. Penyusun Bahan PNBP  dan BLU Pascasarjana,
  2. Penyusun laporan PNBP Pascasarjana;
  3. Melakukan rekonsiliasi penerimaan dengan bendahara penerimaan UIN SGD Bandung;
  4. Menyusun data mahasiswa aktif;
  5. Menyusun data tagihan mahasiswa per semester;
  6. Menyusun piutang mahasiswa;
  7. Menyusun data pembayaran mahasiswa;
  8. Verifikasi SPP S2 dan S3;
  9. Verifikasi dan Pengambilan Ijazah S2 danS3;
  10. Pembuatan surat cuti Mhs. Prodi S2 dan Program Doktor S3;
Sistem Operasional Pegawai

Staf Perencanaan

  1. Perencanaan dan keuangan
  2. Menyiapkan Konsep RKAKL
  3. Membuat Revisi RKAKL
  4. Membuat Matrik Semula dan Menjadi
  5. Membuat usulan Revisi Anggaran Satker BLU
  6. Membuat Kerangka Acuan (TOR) Kegiatan
  7. Membuat Rincian RAB untuk kerangka acuan (TOR)
  8. Membuat Rencana Kerja Tahunan
  9. Membuat Target Penerimaan Negara Bukan Pajak
  10. Membuat Surat Pernyataan Tanggungjawab belanja Kegiatan
  11. Membuat surat Perintah bayar Kegiatan
  12. Membuat Kwitansi Kegiatan
  13. Membuat surat Usulan Pengajuan Uang Muka Kerja
  14. Membuat surat Pertanggunganjawaban Mutlak
  15. Membuat surat Tugas Perjalanan Dinas
  16. Membuat Daftar penerimaan Honorarium Kegiatan Pascasarjana
  17. Membuat rincian biaya perjalanan dinas
  18. Membuat daftar penerimaan honorarium tim penelaah/verifikasi dosen lb sidang tertutup pascasarjana
  19. Membuat daftar penerimaan honorarium penguji dosen lb sidang tertutup pascasarjana
  20. Membuat daftar penerimaan honorarium pembimbing/promotor dosen lb sidang terbuka pascasarjana
  21. Membuat daftar honorarium penguji dosen lb sidang terbuka pascasarjana
  22. Membuat daftar honorarium tim penelaah/verifikasi dosen lb sidang terbuka pascasarjana
  23. Membuat daftar penerimaan honorarium piket lembur sabtu kelas karyawan pascasarjana
  24. Membuat daftar hadir lembur sabtu kelas karyawan pascasarjana
  25. Membuat surat tugas kegiatan pascasarjana
  26. Transfer non tunai kegiatan pascasarjana
  27. Membuat keterangan untuk pendaftaran wisuda pascasarjana
  28. Input Kegiatan pada ALIP
  29. Membuat Berita Acara Serah Terima Setoran Pajak
  30. Membuat ID Billing Pembayaran Pajak
  31. Membuat surat usulan anggaran
  32. Membuat sebaran output RKA-K/L
  33. Membuat spesifikasi belanja modal untuk data dukung RKA-K/L
Sistem Operasional Pegawai

Pustakawan

  1. Mengolah/Inputing Buku/Kitab sesuai Dengan Klasifikasinya
  2. Mengolah/Inputing Tesis Sesuai Dengan Prodi Masing-Masing
  3. Mengolah/Inputing Disertasi Sesuai Prodi Masing-Masing
  4. Mengolah/Inputing Terbitan Berkala
  5. Melakukan Selving/Menyimpan Buku Atau Koleksi Lainnya Yang Sudah Dibaca Oleh Pemustaka, Ke Rak Sesuai Klasifikasinya
  6. Membuat Laporan Data Koleksi Perpustakaan  Pascasarja (PPs)
  7. Mengolah data untuk persiapan perencanaan penyelenggaraan Perpustakaan;
  8. Menyusun rencana kerja operasional sebagai peserta/anggota;
  9. Melakukan monitoring penyelengaraan perpustakaan;
  10. Melakukan survei kebutuhan informasi pemustaka;
  11. Melakukan seleksi Koleksi Perpustakaan;
  12. Mengevaluasi Koleksi Perpustakaan;
  13. Melakukan klasifikasi kompleks dan menentukan tajuk subjek bahan perpustakaan;
  14. Membuat tajuk kendali nama badan korporasi;
  15. Membuat abstrak indikatif koleksi perpustakan berbahasa asing;
  16. Membuat abstrak informatif koleksi perpustakan berbahasa Indonesia;
  17. Membuat abstrak informatif koleksi perpustakaan berbahasa;
  18. Melakukan pelestarian fisik Koleksi perpustakaan;
  19. Melakukan pelestarian informasi Koleksi perpustakaan dalam format digital;
  20. Melakukan bimbingan Pemustaka dalam bentuk pendidikan Pemustaka;
  21. Melakukan penelusuran informasi kebutuhan perpustakaan;
  22. Membina kelompok pembaca;
  23. Menyusun dan menyebarkan informasi terseleksi dalam bentuk paket informasi secara tercetak/elektronik;
  24. Melakukan pengkajian Kepustakawanan bersifat sederhana (taktis operasional);
  25. Memberi konsultasi Kepustakawanan yang bersifat konsep kepada perorangan;
  26. Melaksanakan penyuluhan tentang pemanfaatan Perpustakaan sebagai penyaji;
  27. Melaksanakan penyuluhan tentang pengembangan Kepustakawanan sebagai penyaji;
Sistem Operasional Pegawai

Arsiparis

 

  1. Menginventaris Kekayaan Negara ( BMN)
  2. Mengecek dan mengawasi keberadaan BMN
  3. Bertanggung Jawab semua Inventaris yang ada
  4. Mendistribusikan Alat Tulis Kantor (ATK ) dan melaporkan pemakaiannya
  5. Menginput data Keluar Masuknya Barang Persediaan
  6. Mendata dan Melaporkan BMN Setiap Bulan
  7. Menginventarisir BMN yang Sudah Tidak Layak Pakai
  8. Melakukan Penghapusan BMN yang sudah Tidak Layak Pakai dengan Berkoordinasi Pihak Kampus 1
  9. Merencanakan dan Pengadaan BMN yang Di Butuhkan
  10. Membuat DBR ( Daftar Barang Ruangan ) pada setiap Ruangan
  11. Penggandaan Surat
  12. Pendistribusian Surat
  13. Pendistribusian Tesis dan Disertasi kepada Penguji
  14. Menyiapkan kebutuhan pelaksanaan sidang terbuka dan tertutup
  15. Pelayanan umum akademik dan kemahasiswaan dan dosen.
  16. Mendistribusikan surat dan mengantarkan surat.
  17. Menyiapkan ATK
  18. Menyiapkan konsumsi pada acara kegiatan
  19. Mendistribusikan naskah – naskah sidang, kualifikasi, proposal, munaqosah, progress, tertutup, terbuka.
  20. Mengantarkan naskah sidang kualifikasi, proposal, Progress, tertutup, terbuka
  21. Mengarsipkan sk sk kegiatan, surat masuk dan surat keluar
  22. Mengarsipkan surat-surat Kegiatan akademik dan kemahasiswaan.
  23. Mendistribusikan surat Masuk ke Direksi;
  24. Mengantarkan legalisir ijazah dan transkip nilai ke Direksi;
Sistem Operasional Pegawai

Staf Program Studi

  1. Layanan Akademik Kegiatan Prodi Jenjang Magister dan Doktor
  2. Membuat Data Emis Mahasiswa Pascasarjana Jenjang Magister dan Doktor;
  3. Mengerjakan Pelaporan Administrasi/Dokumentasi P Jenjang Magister dan Doktor(Input data Nilai, Dosen, dll) pada PDDIKTI;
  4. Menginput nilai pada Salam Jenjang Magister dan Doktor;
  5. Pelayanan Surat Masuk dan Surat Keluar
  6. Pelayanan Surat keterangan mahasiswa Jenjang Magister dan Doktor;
  7. Pelayanan Surat Aktif Mahasiswa Jenjang Magister dan Doktor;
  8. Pelayanan Surat Penelitian Jenjang Magister dan Doktor;
  9. Pelayanan Surat penelitian Mata Kuliah Jenjang Magister dan Doktor;
  10. Pelayanan Legalisir Ijazah dan Transkrip Nilai;
  11. Membuat SK Kepanitiaan/Administrasi Kegiatan PKM Jenjang Magister dan Doktor;
  12. Membuat SK Kepanitiaan/ Administrasi Workshop Kurikulum Jenjang Magister dan Doktorr
  13. Membuat SK Kepanitiaan/ AdministrasiWebinar P Jenjang Magister dan Doktor
  14. Membuat SK Kepanitiaan/ Administrasi Tata Kelola Jenjang Magister dan Doktor
  15. Merekap Jumlah Data Mahasiswa Aktif;
  16. Merekap Jumlah Data Lulusan;
  17. Mengeprint Out Transkrip  Nilai Sementara Jenjang Magister dan Doktor
  18. Administrasi pelaksanaan sidang Ujian Proposal Tesis dan Disertasi
  19. Menerima Pengajuan Dosen Pembimbing Tesis dan Disertasi
  20. Membuat SK Pembimbing Tesis dan Disertasi
  21. Membuat Jadual Pendaftaran dan Administrasi Pelaksanaan Kegiatan Ujian Komprehensip dan Munaqosah Jenjang Magister dan Ujian Komperhensif, Ujian Progres, Ujian Tertutup, dan Ujian Terbuka jenjang Doktor
  22. Membuat Surat Tugas Penguji Sidang Jenjang Magister dan Doktor
  23. Merekap Hasil Sidang Jenjang Magister dan Doktor
  24. Membuat Surat Keterangan Lulus Jenjang Magister dan Doktor
  25. Membuat Transkrif nilai Jenjang Magister dan Doktor
  26. Merapihkan Dokumen Jenjang Magister dan Doktor
Sistem Operasional Pegawai

Unit Sistem Informasi

  1. Perantara PTIPD Pusat
  2. Perantara Humas Pusat
  3. Pelayanan Unit Sistem Informasi Pascasarjana;
  4. Pelayanan Call Centre Humas;
  5. Mendokumentasikan Kegiatan Sidang Terbuka
  6. Mendokumentasikan Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat
  7. Mendokumentasikan Kegiatan Akreditasi 
  8. Mendokumentasikan Kegiatan Internal Pascasarjana
  9. Mendokumentasikan Kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru
  10. Mendokumentasikan Kegiatan Pengedalan Budaya Akademik Kemahasiswaan
  11. Mendokumentasikan Kegiatan Program Studi
  12. Pembuatan Konten Berita
  13. Pengelolaan Website Pascasarjana
  14. Pengelolaan akun sosial media Pascasarjana
  15. Arsiparis data digital Pascasarjana
  16. Perencanaan tata desain pascasarjana
  17. Pembuatan desain konten pascasarjana
  18. Arsiparis perangkat digital pascasarjana