Dr. Karman, M. Ag
Ketua Program Studi
Program Magister Pascasarjana
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Dr. Hasbiyallah, M. Ag
Sekretaris Program Studi
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memasuki era persaingan global yang akan mempengaruhi tingginya tingkat persaingan dalam pengelolaan pendidikan tinggi. Globalisasi telah melahirkan tuntutan-tuntutan baru pada institusi pendidikan tinggi. Salah satu pemicu tuntutan itu adalah pencapaian kemajuan teknologi informasi yang luar biasa membuat era persaingan bergeser dari era informasi menjadi era data dan era digitalisasi.
Konsekuensi logisnya Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung sebagai salah satu institusi yang bergerak dalam pendidikan tinggi mengemban misi ganda, yaitu akademik dan sosial tetapi dituntut untuk dapat survive di pasar bebas, Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung harus mampu berkiprah dan meningkatkan dinamika dalam era persaingan yang semakin terbuka. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung berusaha menjadi institusi yang konsisten senantiasa mengadakan pertumbuhan, perubahan dan pembaharuan (growth, change and reform) ke arah yang lebih baik.
Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada tahan 2024-2028 harus semakin adaptif dan mampu meningkatkan citra akademik melalui peningkatan Akreditasi yang unggul di tingkat nasional dan internasional. Untuk itu dengan memperhatikan isu-isu baik internal maupun eksternal serta pengkajian yang mendalam.
No. | Aspek | Program Pengembangan | Strategi | Target |
---|---|---|---|---|
1. | Tata pamong, tata kelola, dan kerjasama. | Penguatan muatan Moderasi Beragama dan rahmatan lil ‘alamin bagi dosen dan mahasiswa. | Menyelenggarakan kegiatan Moderasi Beragama dan rahmatan lil ‘alamin bagi mahasiswa. | Terbentuknya mahasiswa yang moderat dan rahmatan lil ‘alamin. |
Mengembangkan kerjasama pada PT di negara-negara yang menjadi pusat perkembangan Islam di dunia. | Menyelenggarakan MoU dengan PT di Mesir, Madinah, Turki, dan Azerbaizan. | Peningkatan kompetensi dosen di bidang keislaman dan literasi Islam. | ||
2. | Mahasiswa | Peningkatan pelayanan mahasiswa dalam publikasi ilmiah di jurnal bereputasi nasional/ jurnal internasional/media online. | Melaksanakan workshop/Kelas Menulis bagi mahasiswa secara masif dan berkala. | Meningkatnya publikasi karya ilmiah mahasiswa di jurnal bereputasi nasional/jurnal internasional/media online. |
Peningkatan mahasiswa untuk mengikuti kegiatan pada level internasional. | Sosialisasi kegiatan level internasional kepada para mahasiswa. | Meningkatnya jumlah mahasiswa untuk ikut kegiatan pada level internasional. | ||
Peningkatan jumlah animo calon mahasiswa mencapai 50 % dari tahun sebelumnya. | Sosialisasi PS kepada para pengguna secara masif melalui online atau offline. | Meningkatnya jumlah pendaftar mahasiswa meningkat 50 % dari tahun sebelumnya. | ||
Peningkatan kualitas input mahasiswa PS dalam penguasaan materi TPA, Bahasa Asing (Arab-Inggris, dan bidang ilmu manajemen pendidikan Islam. | Komunikasi dengan tim Akademik untuk Soal CBT yang lebih menguatkan pada aspek bahasa asing, TPA dan ilmu Manajemen Pendidikan Islam. | Meningkatnya kualitas input mahasiswa dalam penguasaan bidang ilmu manajemen pendidikan Islam, penguasaan bahasa asing (arab-inggris) dan Test Potensi Akademik. | ||
3 | Sumber Daya Manusia | Peningkatan kompetensi dosen untuk menjadi dosen tamu di PT nasional dan internasional. | Mengikutsertakan dosen pada forum nasional maupun internasional. | Peningkatan jumlah dosen yang menjadi dosen tamu di PT dalam dan luar negeri. |
4 | Keuangan | Peningkatan sumber keuangan untuk pembiayaan operasional, penelitian, PkM dan publikasi yang lebih memadai dan bersumber dari PT atau PT lain/Lembaga lain. | Sosialisasi pembiayaan penelitian dari Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Lembaga Penelitian di luar PT. | Peningkatan sumber keuangan BLU dalam tridharma PT. |
5 | Pendidikan | Peningkatan kualitas dan kuantitas bimbingan akademik paling sedikit 3 kali dalam 1 semester. | Mengintensifkan proses bimbingan akademik, dan harus ada keaktifan antara DPA dan mahasiswa. | Peningkatan kualitas bimbingan akademik untuk mencapai kualitas tridharma PT. |
Peningkatan suasana akademik yang mendukung kompetensi akademik. | Mengintefsikan penyelenggaraan kegiatan akademik di luar kelas seperti kuliah umum, kuliah pakar, konferensi nasional/internasional. | Peningkatan jumlah kuliah pakar manajemen pendidikan, kuliah umum dan konferensi nasional/internasional. | ||
6 | Penelitian | Pengembangan kolaborasi riset dengan peneliti dari PT internasional | Mengikutsertakan dosen dan mahasiswa untuk riset di PT internasional. | Meningkatnya jumlah kolaborasi riset dosen dengan peneliti internasional. |
Pengembangan riset yang bersumber dari pembiayaan di luar PT. | Sosialisasi penelitian yang bersumber dari pembiayaan Kementerian Agama dan lembaga lain. | Meningkatnya jumlah riset dosen-mahasiswa yang bersumber dari biaya luar PT. | ||
Pengembangan hasil riset yang mendapatkan pengakuan hak Paten/Haki. | Mengintensifkan kerjasama riset dengan dunia usaha dan menghasilkan hak paten. | Meningkatnya jumlah hak paten/Haki dari hasil riset dosen-mahasiswa. | ||
7 | Pengabdian kepada Masyarakat | Pengembangan hak paten/Haki dosen dari hasil PkM. | Sosialisasi Hak Paten/Haki dari hasil penelitian dan PkM. | Meningkatnya jumlah Hak Paten/Haki dari hasil PkM dosen-mahasiswa. |
Peningkatan PkM bagi dosen di luar negeri untuk meningkatkan kualitas pengabdian. | Mengikutsertakan dosen untuk melaksanakan PkM di luar negeri. | meningkatkan kualitas PkM dosen yang berdampak kepada mutu pendidikan. | ||
Pengembangan produktivitas dan relevansi PkM yang sesuai dengan road map dan dirujuk dalam tesis mahasiswa. | Mengintensifkan kegiatan desiminasi hasil-hasil PkM kepada mahasiswa untuk disitasi dalam tesis mereka. | Meningkatnya jumlah sitasi dosen yang dikutip oleh mahasiswa. | ||
8 | Luaran | Peningkatan rerata IPK lulusan dan lulus tepat waktu (kurang dari 2 tahun). | Optimalisasi komunikasi kepada dosen terhadap layanan selama proses pembelajaran dan monitoring terhadap hasil studi mahasiswa. | Meningkatnya rerata IPK lulusan dan rerata lulusan kurang dari 2 tahun. |
Peningkatan jumlah produk mahasiswa yang diadopsi. | Optimalisasi produk mahasiswa yang bermanfaat bagi masyarakat dan diadopsi. | Meningkatnya jumlah produk mahasiswa yang diadopsi. | ||
Pengembangan karya mahasiswa yang dipublikasikan di berbagai media jurnal maupun non jurnal. | Intensifkan karya mahasiswa yang terpublikasikan di media-media jurnal atau media lainnya. | Meningkatnya jumlah publikasi mahasiswa di tingkat internasional, nasional, prosiding, buku ber ISBN dan media-media online. |
M.Pd. – Magister (S2)
4 semester (perkiraan studi penuh waktu)
Gedung Pascasarjana – Kampus 2
UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Akreditasi Nasional :
❯ Baik
Kami tidak hanya memberi siswa pendidikan dan pengalaman yang menyiapkan mereka untuk sukses dalam karier. Kami membantu mereka sukses dalam karir mereka juga untuk menemukan bidang yang mereka sukai dan berani memimpinkannya.