Dr. Karman, M. Ag
Ketua Program Studi

Program Studi
Manajemen Pendidikan Islam

Program Magister Pascasarjana
UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Dr. Hasbiyallah, M. Ag

Sekretaris Program Studi

Rekognisi Internasional, Adaptasi Fenomena Global

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memasuki era persaingan global yang akan mempengaruhi tingginya tingkat persaingan dalam pengelolaan pendidikan tinggi. Globalisasi telah melahirkan tuntutan-tuntutan baru pada institusi pendidikan tinggi. Salah satu pemicu tuntutan itu adalah pencapaian kemajuan teknologi informasi yang luar biasa membuat era persaingan bergeser dari era informasi menjadi era data dan era digitalisasi.

Konsekuensi logisnya Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung  sebagai salah satu institusi yang bergerak dalam pendidikan tinggi mengemban misi ganda, yaitu akademik dan sosial tetapi dituntut untuk dapat survive di pasar bebas, Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung harus mampu berkiprah dan meningkatkan dinamika dalam era persaingan yang semakin terbuka. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung berusaha menjadi institusi yang konsisten senantiasa mengadakan pertumbuhan, perubahan dan pembaharuan (growth, change and reform) ke arah yang lebih baik.

Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung  pada tahan 2024-2028 harus semakin adaptif dan mampu meningkatkan citra akademik melalui peningkatan Akreditasi yang unggul di tingkat nasional dan internasional. Untuk itu dengan memperhatikan isu-isu baik internal maupun eksternal serta pengkajian yang mendalam.

Prioritas Pengembangan Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam

No.AspekProgram PengembanganStrategiTarget
1.Tata pamong, tata kelola, dan kerjasama. Penguatan muatan Moderasi Beragama dan rahmatan lil ‘alamin bagi dosen dan mahasiswa.Menyelenggarakan kegiatan Moderasi Beragama dan rahmatan lil ‘alamin bagi mahasiswa.Terbentuknya mahasiswa yang moderat dan rahmatan lil ‘alamin.
Mengembangkan kerjasama pada PT di negara-negara yang menjadi pusat perkembangan Islam di dunia. Menyelenggarakan MoU dengan PT di Mesir, Madinah, Turki, dan Azerbaizan. Peningkatan kompetensi dosen di bidang keislaman dan literasi Islam.
2.Mahasiswa Peningkatan pelayanan mahasiswa dalam publikasi ilmiah di jurnal bereputasi nasional/ jurnal internasional/media online.Melaksanakan workshop/Kelas Menulis bagi mahasiswa secara masif dan berkala. Meningkatnya publikasi karya ilmiah mahasiswa di jurnal bereputasi nasional/jurnal internasional/media online.
Peningkatan mahasiswa untuk mengikuti kegiatan pada level internasional.Sosialisasi kegiatan level internasional kepada para mahasiswa.Meningkatnya jumlah mahasiswa untuk ikut kegiatan pada level internasional.
Peningkatan jumlah animo calon mahasiswa mencapai 50 % dari tahun sebelumnya. Sosialisasi PS kepada para pengguna secara masif melalui online atau offline. Meningkatnya jumlah pendaftar mahasiswa meningkat 50 % dari tahun sebelumnya.
Peningkatan kualitas input mahasiswa PS dalam penguasaan materi TPA, Bahasa Asing (Arab-Inggris, dan bidang ilmu manajemen pendidikan Islam. Komunikasi dengan tim Akademik untuk Soal CBT yang lebih menguatkan pada aspek bahasa asing, TPA dan ilmu Manajemen Pendidikan Islam. Meningkatnya kualitas input mahasiswa dalam penguasaan bidang ilmu manajemen pendidikan Islam, penguasaan bahasa asing (arab-inggris) dan Test Potensi Akademik.
3Sumber Daya ManusiaPeningkatan kompetensi dosen untuk menjadi dosen tamu di PT nasional dan internasional. Mengikutsertakan dosen pada forum nasional maupun internasional. Peningkatan jumlah dosen yang menjadi dosen tamu di PT dalam dan luar negeri.
4Keuangan Peningkatan sumber keuangan untuk pembiayaan operasional, penelitian, PkM dan publikasi yang lebih memadai dan bersumber dari PT atau PT lain/Lembaga lain. Sosialisasi pembiayaan penelitian dari Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Lembaga Penelitian di luar PT. Peningkatan sumber keuangan BLU dalam tridharma PT.
5Pendidikan Peningkatan kualitas dan kuantitas bimbingan akademik paling sedikit 3 kali dalam 1 semester. Mengintensifkan proses bimbingan akademik, dan harus ada keaktifan antara DPA dan mahasiswa. Peningkatan kualitas bimbingan akademik untuk mencapai kualitas tridharma PT.
Peningkatan suasana akademik yang mendukung kompetensi akademik. Mengintefsikan penyelenggaraan kegiatan akademik di luar kelas seperti kuliah umum, kuliah pakar, konferensi nasional/internasional. Peningkatan jumlah kuliah pakar manajemen pendidikan, kuliah umum dan konferensi nasional/internasional.
6PenelitianPengembangan kolaborasi riset dengan peneliti dari PT internasionalMengikutsertakan dosen dan mahasiswa untuk riset di PT internasional. Meningkatnya jumlah kolaborasi riset dosen dengan peneliti internasional.
Pengembangan riset yang bersumber dari pembiayaan di luar PT. Sosialisasi penelitian yang bersumber dari pembiayaan Kementerian Agama dan lembaga lain. Meningkatnya jumlah riset dosen-mahasiswa yang bersumber dari biaya luar PT.
Pengembangan hasil riset yang mendapatkan pengakuan hak Paten/Haki. Mengintensifkan kerjasama riset dengan dunia usaha dan menghasilkan hak paten. Meningkatnya jumlah hak paten/Haki dari hasil riset dosen-mahasiswa.
7Pengabdian kepada MasyarakatPengembangan hak paten/Haki dosen dari hasil PkM. Sosialisasi Hak Paten/Haki dari hasil penelitian dan PkM. Meningkatnya jumlah Hak Paten/Haki dari hasil PkM dosen-mahasiswa.
Peningkatan PkM bagi dosen di luar negeri untuk meningkatkan kualitas pengabdian.Mengikutsertakan dosen untuk melaksanakan PkM di luar negeri.meningkatkan kualitas PkM dosen yang berdampak kepada mutu pendidikan.
Pengembangan produktivitas dan relevansi PkM yang sesuai dengan road map dan dirujuk dalam tesis mahasiswa. Mengintensifkan kegiatan desiminasi hasil-hasil PkM kepada mahasiswa untuk disitasi dalam tesis mereka. Meningkatnya jumlah sitasi dosen yang dikutip oleh mahasiswa.
8Luaran Peningkatan rerata IPK lulusan dan lulus tepat waktu (kurang dari 2 tahun).Optimalisasi komunikasi kepada dosen terhadap layanan selama proses pembelajaran dan monitoring terhadap hasil studi mahasiswa. Meningkatnya rerata IPK lulusan dan rerata lulusan kurang dari 2 tahun.
Peningkatan jumlah produk mahasiswa yang diadopsi. Optimalisasi produk mahasiswa yang bermanfaat bagi masyarakat dan diadopsi. Meningkatnya jumlah produk mahasiswa yang diadopsi.
Pengembangan karya mahasiswa yang dipublikasikan di berbagai media jurnal maupun non jurnal. Intensifkan karya mahasiswa yang terpublikasikan di media-media jurnal atau media lainnya. Meningkatnya jumlah publikasi mahasiswa di tingkat internasional, nasional, prosiding, buku ber ISBN dan media-media online.

Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Sikap dan Tata Nilai

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan berkemajuan peradaban berdasarkan pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tinggung jawab pada negara dan bangsa.
  5. Menginternalisasi semangat kemandirian, keuangan, dan kewirausahaan.

Capaian Pembelajaran Pengetahuan

  1. Menguasai paradigma keilmuan non dikotomi (integrasi, interkoneksi, pohon ilmu, roda ilmu) dan berbagai variasinya dalam bidang manajemen pendidikan Islam.
  2. Menguasai dan mengembangkan teori dasar manajemen/ administrasi dan pendidikan Islam berdasarkan pendekatan inter atau multidisipliner.
  3. Menguasai dan mengembangkan tahapan-tahapan dan praktik pengelolaan lembaga pendidikan Islam secara konsteptual dan sistematis.
  4. Menguasai dan mengembangkan ragam penelitian manajemen pendidikan Islam berdasarkan pendekatan inter atau multidisipliner.
  5. Menguai dan mengembangkan teori-teori kepemimpinan Islam yang dapat diterapkan dalam mengelola lembaga pendidikan Islam untuk menumbuhkembangkan jiwa dan karakter pemimpin profetik.

Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum

  1. Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif melalui penelitian ilmuah, penciptaan desain, atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsep ilmiah dan hasil kajiannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam bentuk tesis yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah yang terakreditasi.
  2. Melakukan validasi akademik, atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya.
  3. Menyusun ide hasil pemikiran dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikan melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas.
  4. Mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi objek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan inter atau multi disipliner.
  5. Mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian, analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data.
  6. Mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas.

Capaian Pembelajaran Khusus

  1. Menghasilkan rumusan analisis lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi lembaga pendidikan Islam di berbagai jenis dan jenjang untuk merancang program dan pembiayaan pengembangan lembaga pendidikan islam pada level messo.
  2. Melakukan penelitian dengan pendekatan inter dan mulitidisipliner yang berkaitan dengan isu-isu manajemen pendidikan Islam.
  3. Mengembangnakn dan memanfaatkan teknologi informasi digital dalam rangka menyusun suatu sistem informasi manajemen yang efektif, efisien dan modern.
  4. Mengidentifikasi, memformulasikan dan memecahkan masalah pengelolaan lembaga pendidikan Islam sebagai dasar pengambilan keputusan baik dengan pendekatan kualitatif dan maunpun kauntatif.
  5. Mengelola dan mengantisipasi klompsitas perubahan (disrupsi) dan tuntunan revolusi 4.0 yang dapat berpengaruh pada lembaga pendidikan Islam pada level messo.

Visi, Misi, Tujuan

VISI

Menjadi pusat pengembangan manajemen pendidikan islami yang unggul, kompetitif dan inovatif berbasis  Rahmatan Lil Alamin di  Asia Tenggara tahun 2029.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran di bidang manajemen pendidikan Islami yang berkualitas dan berkeadilan, berdaya saing global, serta menggunakan piranti TIK terkini dan terbarukan;
  2. Menyelenggarakan penelitian (riset) untuk mengembangkan tata kelola organisasi dan sumber daya pendidikan yang fokus pada isu-isu strategis, inovatif, dan fungsional.
  3. Mengembangkan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat untuk memecahkan masalah tata kelola organisasi dan sumber daya pendidikan pada tingkat nasional dan tingkat Asia Tenggara.
  4. Menciptakan lulusan yang profesional di bidang manajemen pendidikan Islam yang memiliki keimanan dan ketaqwaan yang kuat, moderat, berwawasan luas, berakhlak karimah dan mampu bersaing secara global.
  5. Menyelenggarakan tata kelola pendidikan secara profesional, efektif, efisien serta responsif dalam menjawab tantangan dan dinamika zaman dengan cara mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dan ilmu pengetahuan berdasarkan Rahmatan lil Alamin.

TUJUAN

  1. Menyiapkan peserta didik dan lulusan magister manajemen pendidikan yang islami, berwawasan luas (knowledgeable) terampil (skillfull), inovatif, mandiri, dan berjiwa kepemimpinan yang kompitibel terhadap kebutuhan pemangku kepentingan (user).
  2. Mengembangkan, mengintegrasikan, dan menyebarluaskan hasil riset dalam bidang manajemen pendidikan Islam yang berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan memperkuat kebudayaan nasional.
  3. Menyelenggarakan berbagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dalam bidang manajemen tata kelola organisasi dan sumber daya pendidikan dalam bentuk kerja sama dengan lembaga dan asosiasi profesi di tingkat nasional dan Asia Tenggara.
  4. Menghasilkan alumni yang profesional di bidang manajemen pendidikan Islam yang  berdaya saing global dan menjadi agent of change.
  5.  

Komponen dan Perkiraan Biaya Studi

KOMPONEN BIAYA STUDI

Biaya Pendaftaran & Test  : Rp 350.000,-

JENIS PEMBAYARAN

NOMINAL

SPP semester I

Rp   3.000.000,-

SPP semester II

Rp  3.000.000,-

SPP semester III

Rp  3.000.000,-

SPP semester IV

Rp    3.000.000,-

TOTAL

Rp 12.350.000,-

 

Susunan Pengelola dan Dosen Hombase

SUSUNAN PENGELOLA

Direktur   : Prof. Dr. H. Ahmad Sarbini, M.Ag.

Ketua Prodi : ‌Dr. Karman,S.Ag., M.Ag.

Sekretaris Prodi : ‌Dr. H. Hasbiyallah,S.Ag. , M.Ag.

Staf Prodi : Dr. Ahmad Masrur, M.Ag

Kasubag TU : Taufik, S.Pd.I

 

DAFTAR DOSEN PENGAJAR 

  1. Prof. Dr. H. Jaja Jahari, M.Pd.
  2. Prof. Dr. H. A. Rusdiana,MM.
  3. ‌Dr. Ara Hidayat,M.Pd.
  4. ‌Dr. Karman,S.Ag., M.Ag.
  5. ‌Dr. H. Hasbiyallah,S.Ag. , M.Ag.
  6. Dr. Ujang Suyatman, M. Ag.
  7. Dr. Dian,M.Ag.
  8. Dr. Moh. Sulhan,S.Ag., M.Ag.
  9. Dr. Ujang Nurjaman, M. Ag.
  10. ‌Dr. H. Mulyawan Safwandy Nugraha,M.Ag., M.Pd.
  11. Dr. H. Dodo Murtado, M. Ag.

Standar Kurikulum

STANDAR KURIKULUM

PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM JENJANG MAGISTER (S2) PASCASAJANA UIN SGD BANDUNG

(TAHUN AKADEMIK 2021 s.d 2025)

MATA KULIAHDESKRIPSI MATA KULIAHSKS
SEMESTER I
Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan Islam Mata kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang konsep, prinsip dan teori-teori dasar manajemen pendidikan Islam yang meliputi tentang pengertian, asas dan landasan, serta pandangan/persefektif berbagai ilmuan.3
Tafsir Manajemen Pendididkan Mata Kuliah ini disampaikan melalui tiga pendekatan yakni bayani, burhani, dan irfani. Tujuan mata kuliah ini memberikan keterampilan berpikir Islami tentang manajemen. Objek materianya unsur-unsur manajemen yang meliputi antara lain Pendekatan, Strategi, Metodelogi, dan seni MPI. Empat konsep al Qur-an tentang aktivitas utama kepemimpinan yakni tuntutan memotivasi dan berkomunikasi dengan staf, keterampilan bernegosiasi menurut Quran, dan bimbingan Quran dalam membuat keputusan.3
Hadis Manajemen Pendidikan Mata kuliah ini bertujuan memberikan keterampilan berpikir Islami tentang manajemen Pendidikan. Objek materianya unsur-unsur manajemen tradisi Rosulullah yang meliputi antara lain Pendekatan, Strategi, Metodelogi, dan seni Manajerial. Empat konsep hadis/tradisi tentang aktivitas utama kepemimpinan yakni tuntutan memotivasi dan berkomunikasi dengan staf, keterampilan bernegosiasi menurut hadis dan bimbingan Hadis (Tradisi) Rasulullah dalam membuat keputusan. Rosulullah menjadi tuntutan Teori Manajemen Pendidikan Islam 3
Filsafat Ilmu Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar tentang filsafat ilmu, kedudukan, fokus, cakupan, tujuan dan fungsinya serta kaitannya dengan Mata Kuliah Keprodian. Berikutnya dibahasa pula tentang karakteristik filsafat, ilmu dan pendidikan serta jalinan fungsional antara rumpun keilmuan tersebut. Lebih lanjut Mata Kuliah ini akan mengkaji dan menggali sistematika, permasalahan, keragaman, pendekatan dan paradigma (pola pikir) sebagai landasan pada mata kuliah metodelogi penelitan baik kualitatif maupun kuntitatif.3
Perencanaan Pendidikan IslamMata Kuliah ini memberi pemahaman dan keterampilan membuat perencanaan strategis pendidikan. Pendidikan sebagai proses manajemen memerlukan pendekatan sistem dalam menentukan kebutuhannya, dengan harapan di masa depan visi, misi, tujuan antara (objective), dan rangkaian kegiatan Pendidikan Islam dapat terkoneksinya antara rencana strategis dengan rencana operasional dalam rangka mewujudkan lembaga pendidikan yang berkualitas. 3
Manajemen SDM Pendididikan Mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan ini merupakan mata kuliah yang membekali pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dengan mengedepankan penguasaan topik utama yaitu konsep dasar manajemen Pendidikan dan perencanaan sumber daya manusia; analisis Manajemen Sumber Daya Manusia; rekrutmen tenaga kerja; pengembangan dan pelatihan sumber daya manusia; perencanaan dan pengembangan karier; penilaian prestasi kerja; serta motivasi, kepuasan, dan produktivitas kerja3
Studi Naskah Mata Kuliah ini mempelajari unsur-unsur dan topik-topik bahasan Manejemen Pendidikan Islam yang bersumber dari Kajian Keilumuan Pendidikan di Timur Tengah. Pokok Bahasan dalam Mata kuliah ini membahas topik-topik mengenai pengertian, pemahaman, dan penerapan teori-teori pengalihan bahasa Arab kedalam Bahasa Indonesia. Untuk keperluan tersebut diperlukan pertemuan dosen, dan mahasiswa yang membahas, dan melatih keterampilan pengalihan Bahasa, dan atau mentrasformasikan keilmuan manajemen Pendidikan Islam..3
(B. Arab)
Studi Naskah Mata Kuliah ini mempelajari unsur-unsur dan topik-topik bahasan Manejemen Pendidikan Islam yang bersumber dari Kajian Keilumuan Pendidikan di Eropa. Pokok Bahasan dalam Mata kuliah ini membahas topik-topik mengenai pengertian, pemahaman, dan penerapan teori-teori pengalihan bahasa Inggris kedalam Bahasa Indonesia. Untuk keperluan tersebut diperlukan pertemuan dosen, dan mahasiswa yang membahasa, dan melatih keterampilan pengalihan Bahasa dan mentransformasikan keilmuan kontemporer dunaia eropa kedalama manajemen pendidikan Islam. 3
(B. Inggris)
JUMLAH24
SEMESTER II
Kepemimpinan Pendidikan Islam Mata Kuliah ini mengkaji Konsep, Prinsip, dan Teori-teori Kepemimpinan, diantaranya model, dan atau gaya kepemimpinan instruksional, transaksional, transformasional) sehingga tercapai nilai dan tujuan lembaga pendidikan dengan berbasis kepada kesejahtraan dan peningkatan pelayanan akademik. 3
Manajemen Strategik Pendidikan Mata Kuliah ini mengkaji Konsep, Prinsip, dan teori-teori manajemen strategik baik secara teoris seperti model BSC, TQM, BOS dan lainnya seperti yang diterapkan di dunia pendidikan dengan tujuan mahasiswa diharapkan mampu memberi makna akan sifat alamiah manajemen strategik, isi strategik, metode penilaian lingkungan Pendidikan baik internal maupun eksternal, sehingga mampu meng-implementasikannya dalam operasional pendidikan. 3
Metodelogi Penelitian KuantitatifMata Kuliah ini bertujuan mahasiswa memiliki kemampuan menyusun proposal penelitian Kuantitatif. Pokok bahasan dalam Mata kuliah ini meliputi; Konsep dasar penelitian; Karak­teristik penelitian kuantitatif; Jenis-jenis penelitian kuantitatif; Prosedur penelitian kuantitatif; Sistematika proposal penelitian kuantitatif; Identifikasi masalah dan menentukan topik penelitian; Variabel dan pengukurannya; Perumusan Hipotesis; Kajian teori dan empiris; analisis jurnal penelitian kuantitatif; Rancangan penelitian; Populasi & sampel; Instrumen; Teknik analisis data kuantitatif dan penarikan kesimpulan. Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa dapat menyusun proposal penelitian kuantitatif.3
Metodologi Penelitian Kualitatif Mata Kuliah ini bertujuan mahasiswa memiliki kemampuan menyusun proposal penelitian kualitatif, Pokok bahasan dalam Mata kuliah ini meliputi; Konsep dasar penelitian; Karak­teristik penelitian kualitatif; Jenis-jenis penelitian kualitatif; Prosedur penelitian kualitatif; Sistematika proposal penelitian kualitatif; Identifi­kasi masalah dan menentukan topik penelitian; Kajian teori dan empiris; Kehadiran/keterlibatan peneliti; Sumber data; Prosedur pengumpulan data; Triangulasi data; Pengecekan keabsahan temuan; Teknik analisis data dan penarikan kesimpulan.3
Pengawasan dan Evaluasi Pendidikan Mata Kuliah ini memberikan pemahaman dan keterampilan untuk meng-audit hasil kerja guru (menyeleraskan sillabus dengan tujuan dan sasaran lembaga) dan mengaudit keuangan. Secara bertingkat kinerja pengawasan ini beranjak dari kelembagaan lokal (sekolah) ke organisasi yang lebih tinggi, seperti dinas dan kementrian. Siklus pengawasan tidak pernah berhenti dari guru ke murid sampai akhirnya orangtua murid mengawasi kebijakan publik secara nasional. 3
Studi Kebijakan Pendidikan Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman dan keahlian komprehensif kepada mahasiswa secara konseptual dan praktis mengenai teori kebijakan dan kebijakan pendidikan serta analisanya secara utuh pada formulasi, implementasi, monitoring dan evaluasi sutau kebijakan pendidikan.3
Entrepreneurship Pendidikan IslamMata Kuliah Enterprenership Mata Kuliah ini bertujuan mengembangkan potensi untuk melihat dan mengkreasikan peluang dalam mewujudkan cita-cita Mahasiswa. Ruang lingkup konsep entrepreneurship yang akan dibahas dan didiskusikan dalam mata kuliah ini berorientasi pada dua aspek utama, yaitu orientasi nilai (value-oriented) dan orientasi tujuan (goal-oriented). Salah satu muatan penting yang perlu diintroduksi kepada mahasiswa yaitu internalisasi sistem nilai yang terkandung dalam entreprneurship, yakni kemandirian, berpikir kreatif, soft-skill, keterampilan interpersonal, komunikasi persuasif, kerja keras, persistensi, dan lainnya. Secara Komulatif lulusan diharapkan mempunyai kemampuan startup dalam bidang manajemen pendidikan Islam.3
JUMLAH SKS 21
SEMESTER III
Organisasi Lembaga Pendidikan Mata Kuliah ini merupakan studi empirik “the existing condition” tentang pengorganisasian lembaga pendidikan. Bertujuan untuk memahami sistem pengorganisasian lembaga pendidikan yang paling efektif meningkatkan mutu delapan aspek pendidikan yang dijadikan standar. Juga mengenalkan dan memberi pemahaman akan macam ragamnya jenis dan jenjang pengorganisasian pendidikan di Indonesia maupun di negara lain. 3
Pembiayaan Pendidikan Mata Kuliah ini bertujuan memberikan pemahaman dan keterampilan menganalisis biaya Pendidikan dan peluang sumber biaya, menilai total biaya pendidikan, Keperuntukan komponen biaya Pendidikan, keuntungan dan kerugian dari berbagai jenis biaya unit juga dibandingkan. Pengetahuan ini menjadikan mahasiswa kritis terhadap segala bentuk manipulasi audit pembiayaan pendidikan3
SIM Pendidikan Mata Kuliah ini bertujuan memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk memiliki kompetensi dalam menguasai konsep dasar sistem informasi manajemen hingga mampu membuat desain aplikasi layanan informasi pendidikan. Pokok Bahasan Mata Kuliah meliputi pembahasan konsep dasar sistem informasi manajemen, pengembangan sistem informasi, model sistem informasi manajemen, aspek-aspek perancangan sistem informasi yang menunjang terhadap perkembangan dunia pendidikan3
Psikologi Organisasi Mata kuliah ini membahas konsep dasar perilaku organisasi, faktor kepribadian individu yang berpengaruh terhadap perilaku organisasi, upaya-upaya untuk meningkatkan produktifitas organisasi, struktur, dan desain organisasi dalam dunia pendidikan3
Internship Manajemen Pendididkan Mata Kuliah Internship Praktikum Penelitian/Internship adalah mata kuliah yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengalaman lapangan terkait teori dan konsep yang dikembangkan dalam Ilmu Manajemen Pendidikan. Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu memformulasikan masalah yang terjadi di lapangan, menggali data dari lapangan, dan membuat pemecahan masalah secara ilmiah sesuai dengan teori dan konsep yang berkembang dalam Ilmu Manajemen Pendidikan Islam.3
JUMLAH SKS15
SEMESTER IV
Ujian Proposal Tesis2
Ujian Komprehensif3
Ujian Tesis 5
JUMLAH SKS 10
JUMLAH TOTAL SKS 70 sks

Sasaran Tahun Akademik 2020 -2025

Untuk mencapai visi, misi, dan tujuan Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam maka dirumuskan sasaran Program Studi dalam rencana strategi program studi Magister Manajemen Pendidikan Islam tahun 2024 – 2029 sebagai berikut:

Bidang Pendidikan dan Pengajaran

Sasaran yang akan dicapai oleh program studi Manajemen Pendidikan Islam di bidang pendidikan dan pengajaran adalah:

  • Indek Prestasi Kumulatif lulusan ≥ 3,00 (100%)
  • Rata-rata kelulusan mahasiswa tepat waktu 5 – 2 tahun ≥ 80%.
  • Kelengkapan bahan ajar berupa kontrak perkuliahan, silabus, Rencana Pembelajaran Semester (RPS), dan kisi-kisi soal yang divalidasi dalam setiap semester (100 %).
  • Menigkatkan kualifikasi tenaga kependidikan ≥ 80%.
  • Dosen tetap memiliki sertifikat pendidik professional ditahun 2024 ≥ 90%
  • Jabatan fungsional dosen tetap lektor kepala 90 % dan Profesor 50 % di tahun 202
  • Kegiatan dosen tetap sebagai narasumber dan keynote speaker ≥ 80%
  • Keikutsertaan dosen tetap dalam organisasi bidang akademik dan profesi ≥ 80%
  • Menyelenggarakan kegiatan akademik (seminar, workshop, symposium, lokakarya atau bedah buku) sekali dalam semester.
  • Publikasi Jurnal internasional ≥ 3 judul, Prosiding seminar ≥ 5, dan Akses perpustakaan di luar Perguruan Tinggi.

Bidang Penelitian

Topik penelitian dalam Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengacu pada tingkat kompetensi keilmuan dosen, ketersediaan sumber daya manusia, isu strategis lokal dan nasional atau internasional dalam isu kepemimpinan, pengawasan, organisasi lembaga pendidikan Islam.

Bidang Pengabdian kepada Masyarakat

Sasaran yang akan dicapai oleh program studi Magister Manajemen di bidang pengabdian kepada masyarakat diharapkan berdampak pada peningkatan (1) Perbaikan, (2) produktifitas, (3) kesejahteraan, dan (3) mutu lingkungan, adapun topik pengabdian masyarakat dikaitkan dengan Tata Kelola, Keuangan dan Peningkatan daya saing SDM Lembaga Pedidikan Islam:

Tentang Program Studi

M.Pd. – Magister (S2)

4 semester (perkiraan studi penuh waktu)

Gedung Pascasarjana  – Kampus 2 
UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Akreditasi Nasional :
❯  Baik

Daftarkan Dirimu Sekarang

Kami tidak hanya memberi siswa pendidikan dan pengalaman yang menyiapkan mereka untuk sukses dalam karier. Kami membantu mereka sukses dalam karir mereka juga untuk menemukan bidang yang mereka sukai dan berani memimpinkannya.