[PASCAUINBDG]
Pada hari Jumat, tanggal 15 September 2023, Program Studi Magister Tadris Bahasa Inggris di Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggelar kuliah umum bertajuk “Revisiting ELT Pedagogy: From Method to Post-Method.” Kegiatan tersebut menjadi forum bagi para akademisi, mahasiswa dan praktisi pendidikan bahasa Inggris untuk membahas perkembangan terkini dalam pedagogi pengajaran bahasa Inggris, mulai dari pendekatan tradisional hingga konsep-konsep mutakhir yang dikenal sebagai post-metode.
Narasumber utama dalam kuliah umum ini adalah Dr. Rojab Siti Rodliyah, M.Ed., seorang pakar dalam bidang pendidikan bahasa Inggris. Dengan pengalaman dan pengetahuannya yang luas, Dr. Rojab memberikan wawasan mendalam tentang evolusi pendekatan pengajaran bahasa Inggris dari zaman konvensional hingga era post-metode. Materi yang disampaikan mengajak para peserta untuk mempertimbangkan berbagai pendekatan dan strategi yang relevan dengan konteks pendidikan saat ini.
Kegiatan ini dipandu dengan cermat oleh Dr. Pepi Siti Paturohmah, S.S., M.Pd., sebagai moderator. Dengan kepiawaiannya dalam memfasilitasi diskusi, Dr. Pepi memastikan bahwa setiap aspek yang dibahas menjadi jelas dan dapat dipahami oleh para peserta. Interaksi antara narasumber dan peserta juga berlangsung secara aktif, di mana pertanyaan-pertanyaan kritis diajukan dan diskusi mendalam terjalin.
Kuliah umum ini menjadi momentum penting bagi mahasiswa, dosen, dan praktisi pendidikan bahasa Inggris untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang perkembangan terbaru dalam bidang pedagogi ELT. Diskusi yang berlangsung diharapkan mampu memunculkan gagasan-gagasan inovatif serta memperkaya perspektif dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran bahasa Inggris yang efektif.
Kegiatan ini dibuka dengan sambutan hangat oleh Anugrah Imani, M.Pd., Ph.D., yang menekankan pentingnya kontinuitas peningkatan profesionalisme dalam bidang pendidikan bahasa Inggris. Melalui kuliah umum ini, diharapkan mampu memberikan dorongan semangat dan inspirasi bagi para peserta untuk terus mengembangkan praktik pengajaran yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan zaman.