Kurikulum ini diharapkan dapat membantu civitas akademika Prodi Pendidikan Islam S3 Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam mengembangkan kurikulum MBKM khususnya pada program studi Pendidikan Islam S3 Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Dalam implementasinya, kurikulum ini perlu dikembangkan oleh para dosen program studi yang mengajar di prodi Pendidikan Islam S3 Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung guna meningkatkan mutu dan kualitas pembelajaran yang sejalan dengan visi, misi, dan tujuan program studi Pendidikan Islam S3 Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kurikulum MBKM ini secara berkala perlu dikaji ulang untuk disesuaikan dengan berbagai kebutuhan yang berkembang. Hal-hal yang belum tercakup dalam kurikulum MBKM ini diharapkan akan dapat dilengkapi dan disempurnakan lebih lanjut
Kode MK | Nama MK | SKS | Semester | |||
---|---|---|---|---|---|---|
1 | 2 | 3 | 4 | |||
PPI21 | Science Philosophy | 3 | √ | |||
PPI3 | Study of Islamic Education Thought | 3 | √ | |||
PPI101 | Non-Parametric Statistics | 3 | √ | |||
PPI20 | Islamic Education Management | 3 | √ | |||
PPI5 | Islamic Education Theology | 3 | √ | |||
PPI18 | Educational Research Design/ Model | 3 | √ | |||
PPI16 | Curriculum Innovation and Islamic Learning Technology | 3 | √ | |||
PPI17 | Moral/Character Education | 3 | √ | |||
PPI14 | Global Education Issues (Multicultural, Gender, and Human Rights) | 3 | √ | |||
PPI29 | Knowledge of al Nafsi al Qurany | 3 | √ | |||
PPI30 | Education Policy Analysis | 3 | √ | |||
PPI12 | Islamic Boarding School Development | 3 | √ | |||
PPI10 | Dissertation Proposal | 3 | √ | |||
PPI13 | Dissertation | 20 | √ |
Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab
NO | MATA KULIAH | SMT | JML SKS | KETERANGAN |
---|---|---|---|---|
1. | Filsafat Ilmu | I | 3 | Wajib |
2. | Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Statistik Non Parametrik | I | 3 | Wajib |
3. | Manajemen Pendidikan Islam | I | 3 | Wajib |
4. | Dimensi Sosio Kultural Pendidikan Islam | I | 3 | Wajib |
5. | Studi Naskah Pemikiran Pendidikan Islam | I | 3 | Wajib |
6. | Desain/Model Penelitian Pendidikan | II | 3 | Wajib |
7. | Pendidikan Akhlak/Karakter | II | 3 | Wajib |
8. | Teologi Pendidikan Islam | II | 3 | Wajib |
9. | Isu-Isu Pendidikan Global | II | 3 | Wajib |
10. | Inovasi Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran Agama Islam | II | 3 | Wajib |
11. | Pendidikan Agama Islam pada Pendidikan Dasar, Menengah dan Pendidikan Tinggi | III | 3 | Wajib |
12. | Analisis Kebijakan Pendidikan | III | 3 | Wajib |
13. | Perkembangan Pesantren | III | 3 | Wajib |
14. | Proposal Disertasi | III | 3 | Wajib |
15. | Disertasi | 20 | Wajib/ Tugas Akhir | |
Jumlah | 62 | Wajib |
Konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam
NO | MATA KULIAH | SMT | JML SKS | KETERANGAN |
---|---|---|---|---|
1. | Filsafat Ilmu | I | 3 | Wajib |
2. | Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Statistik Non Parametrik | I | 3 | Wajib |
3. | Manajemen Pendidikan Islam | I | 3 | Wajib |
4. | Dimensi Sosial Pendidikan Islam | I | 3 | Wajib |
5. | Studi Naskah Pemikiran Pendidikan Islam | I | 3 | Wajib |
6. | Desain/Model Penelitian Pendidikan | II | 3 | Wajib |
7. | Pendidikan Akhlak/Karakter | II | 3 | Wajib |
8. | Teologi Pendidikan Islam | II | 3 | Wajib |
9. | Isu-Isu Pendidikan Global | II | 3 | Wajib |
10. | Inovasi Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran Agama Islam | II | 3 | Wajib |
11. | PAI pada Pendidikan Dasar, Menegah dan Tinggi | III | 3 | Wajib |
12. | Perkembangan Pesantren | III | 3 | Wajib |
13. | Analisis Kebijakan Pendidikan | III | 3 | Wajib |
14. | Proposal Disertasi | III | 3 | Wajib |
15. | Disertasi | 20 | Wajib/ Tugas Akhir | |
Jumlah | 62 | Wajib |