Kurikulum

KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN

  1. Kurikulum

Kurikulum prodi Pendidikan Agama Islam S2 dirumuskan dengan mengacu pada KKNI, yang kemudian diturunkan pada Capaian Pembelajaran (CP), untuk kemudian menentukan Bahan Ajar serta tingkat keluasan dan kedalaman materi.    Kurikulum PAI terdiri dari tiga kompetensi, yaitu: Kompetensi Utama, Kompetensi Pendukung, dan Kompetensi Lainnya. Kompetensi Utama terdiri dari delapan  mata kuliah, dengan jumlah bobot sks 24; Kompetensi Pendukung dengan jumlah bobot sks 15; dan Kompetensi Lainnya dengan jumlah bobot sks 9. Dengan demikian, sks mata kuliah berjumlah 48 sks yang tersebar pada 3 semster, ditambah dengan Seminar Proposal 3 sks, dan Tesis 10 sks. Sehingga keseluruhan sks pada kurikulum PAI S2 berjumlah 61 sks

Kurikulum UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT). Penyusunan kurikulum dilakukan oleh masing jurusan/prodi berdasarkan pedoman penyusunan kurikulum UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Kurikulum UIN Sunan Gunung Djati Bandung dikembangkan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki profil ilmuwan yang berkepribadian muslim dan problem solver. Capaian pembelajaran dalam kurikulum UIN Sunan Gunung Djati Bandung secara umum adalah sebagai berikut :

1. Unsur Sikap (untuk semua Program) “Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious sebagai muslim, mukmin, dan muhsin;”

2. Unsur Pengetahuan

Program Magister (S.2) : “Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi dan / atau seni didalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset dalam konteks Wahyu memandu ilmu dalam bingkai akhlak karimah, hingga menghasilkan karya inovatif, dan bermanfaat bagi kemaslahatan umat”.

Program Doktor (S.3) : ” Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi dan / atau seni didalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset dalam konteks Wahyu memandu ilmu dalam bingkai akhlak karimah, hingga menghasilkan karya kreatif, original, teruji dan bermanfaat bagi kemaslahatan umat”.

3. Keterampilan Umum

Program Magister (S.2)

(a) Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai Islami, nilai kemanusiaan sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan dijurnal ilmiah terakreditasi atau diterima dijurnal internasional.

(b) Melakukan validasi atau hasil kajian berdasarkan prosedur ilmiah dalam konteks wahyu memandu ilmu serta mentransfernya kepada masyarakat akademik dengan menjunjung tinggi akhlak karimah.

Program Doktor (S.3)

(a) Mampu menemukan dan mengembangkan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan nilai-nilai keislaman dan nilai kemanusiaan di bidang keahliannya dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis,dan kreatif.

(b) Memilih dan menyusun penelitian inter, multi, dan trans disipliner dalam konteks wahyu memandu ilmu dan mentransfernya kepada masyarakat akademik internasional dengan menjunjung tinggi akhlak karimah.

4. Keterampilan Khusus

Program Magister (S.2)

“Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni didalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner berbasis wahyu memandu ilmu dalam bingkai akhlak karimah”.

Program Doktor (S.3)

“Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni didalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner dalam konteks wahyu memandu ilmu dalam bingkai akhlak karimah “