Program Studi
Agama-Agama

Program Magister (S2) Pascasarjana
UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Dr. Rifki Rosyad, MA
Ketua Prodi Studi Agama Agama

M. Taufiq Rahman, Ph.D
Sekretaris Prodi Studi Agama Agama

Profil Lulusan Program Magister Studi Agama Agama

Program Magister SAA menghasilkan lulusan yang dapat bekerja sebagai Penyuluh Agama dalam bidang toleransi dan perdamaian.  Lulusan disiapkan untuk menjadi Penyuluh Agama yang akan berkontribusi bagi masyarakat khususnya pada Lembaga Pemerintahan (Kementerian Agama, Kementerian Sosial, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Lemhanas), Lembaga Penelitian dan Pusat Studi yang concern terhadap Studi Agama dan Sosial Keagamaan (baik di lingkungan kampus maupun di masyarakat luas), Lembaga Swadaya Masyarakat yang memiliki kepedulian terhadap isu studi agama, hubungan antar agama, dan sosial keagamaan seperti Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), DIAN-Interfidei (Dialog Antar Iman), Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB), dan Lembaga Pendidikan dan Lembaga Sosial dan Keagamaan baik pemerintah maupun swasta.

Selain itu, mereka juga memiliki kompetensi tambahan sebagai Peneliti dan Peace Worker. Selama kuliah di Prodi, mahasiswa akan dibekali dengan berbagai kompetensi akademik, seperti kemampuan komunikasi, kemampuan pemecahan masalah dan konflik, kemampuan presentasi dan public speaking, kemampuan memberikan konsultasi dan mediasi, kemampuan manajemen keberagaman, serta pemahaman yang mendalam akan nilai-nilai toleransi dan perdamaian dalam kaitannya dengan kehidupan sosial dan kemasyarakatan.

Selain itu, mereka juga akan dibekali dengan keterampilan tambahan dalam bidang penelitian dan bidang mediasi perdamaian. Adapun personal skill yang dimiliki mahasiswa setelah menyelesaikan studinya yaitu berupa kemampuan berpikir ilmiah, bekerja mandiri, bekerjasama, mengambil keputusan, dan mengkomunikasikan ide dengan jelas. Untuk dinyatakan lulus, mahasiswa harus mampu menyelesaikan 64 SKS yang ekuivalen dengan 92,16 ECTS dalam waktu selambat-lambatnya 8 semester.

Meski demikian Prodi Magister SAA mendorong mahasiswa untuk menyelesaikan 92,16 ECTS tepat 4 semester untuk memperoleh kelulusan tepat waktu. Kurikulum yang disajikan telah sesuai dengan KKNI level 8 (Master), yakni:

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu mengkomparasikan berbagai teori Studi Agama Agama dalam bidang toleransi dan perdamaian dari berbagai perspektif dan tujuan praktisnya;
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan model pendekatan penyuluhan baik inter maupun multidisipliner dalam menjalankan tugas sebagai Penyuluh Agama dalam bidang toleransi dan perdamaian, sehingga mereka bisa diterima di berbagai kalangan masyarakat dengan berbagai latar belakang dan keberagamaaan yang berbeda;
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu menghasilkan produk-produk penelitian yang terpublikasikan di berbagai jurnal terakreditasi nasional dan mendapatkan pengakuan sebagai Kekayaan Intelektual yang tersertifikasi nasional.

Syarat dan Prosedur Pendaftaran

SYARAT PENDAFTARAN

Program Magister Ekonomi Syariah dapat diikuti oleh para sarjana dengan latar belakang apapun (multi entry), baik yang sudah bekerja maupun fresh graduater.

Pengembilan formulir pendaftaran dapat dilakukan setiap saat pada jam kerja di bagian admisi. Aplikasi pendaftaran yang telah diisi dikembalikan ke admisi dengan melampirkan :

    • Tiga lembar fotokopi ijazah S1 yang dilegalisir
    • Satu lembar transkrip nilai S1 yang dilegalisir
    • Pas foto berwarna ukuran 2 x 3 dan 3 x 4, masing-masing 4 lembar
    • Fotokopi KTP
    • Fotokopi Akta Kelahiran
    • Lulus seleksi Test TPA

PROSEDUR PENDAFTARAN

Pendaftaran Periode I : Maret – Juni

Pendaftaran Periode II : September – Desember

Alur Pendaftaran :

  1. Mengambil formulir pendaftaran di admisi
  2. Mengisi dan mengembalikan formulir ke admisi disertai persyaratan
  3. Membayar biaya pendaftaran dan test TPA sebesar Rp ___ –
  4. Melakukan TPA (Test Potensi Akademik)

Komponen dan Perkiraan Biaya Studi

KOMPONEN BIAYA STUDI

Biaya Pendaftaran & Test : Rp 750.000,-

JENIS PEMBAYARAN NOMINAL
SPP semester I Rp 4.000.000,-
SPP semester II Rp 4.000.000,-
SPP semester III Rp 4.000.000,-
SPP semester IV Rp 4.000.000,-
TOTAL Rp 16.750.000,-

Catatan :

Bila pada semester V dan seterusnya mahasiswa belum lulus, maka mahasiswa tersebut setiap awal semester wajib membayar biaya herregistrasi sebesar Rp 0.000.000,- dan biaya perpanjangan tesis sebesar Rp 0.000.000,-.

Mobilitas Global

Program Studi sedang dan sudah merancang untuk melakukan Student Exchange bagi mahasiswa dengan sejumlah kampus di Malaysia, seperti Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), Universiti Putra Malaysia (UPM), Universiti Sains Islam Malaysia (USIM).

Informasi Lanjutan

Situs web Program Studi Magister Studi Agama Agama klik di sini.

M.Ag. – Magister Agama (S2)

4 semester (perkiraan studi penuh waktu)

Gedung Pascasarjana – Kampus 2
UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Akreditasi Nasional :
❯ Baik Sekali

Daftar Sekarang?

Kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu.

Perlu Bantuan

Apakah Anda menemui kesulitan atau memiliki pertanyaan seputar PMB UIN SGD?

Silakan mengakses laman FAQ (pertanyaan yang paling sering diajukan) melalui tautan di bawah ini untuk menemukan berbagai jawaban dari berbagai pertanyaan seputar PMB UIN SGD.