Family Law
Study Program

(Ahwal Al-Syakhsiyah)

Program Magister Pascasarjana
UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Dr. H. Nurohman, MA.
Ketua Program Studi

Dr. H. Usep Saepulah, M.Ag.
Sekretaris Program Studi

Rekognisi Global Untuk Calon Ekonom Profesional

Program Ekonomi SYariah didirikan pada Tahun ___ dengan SK dari Dirjen Dikti No ___ Tanggal _ Bulan 20 __. Tujuan didirikannya Prodi ini adalah untuk pengembangan khasanah keilmuan dibidang Ekonomi dan Keuangan Islam sekaligus pengembangan pendidikan formal di tingkat magister sebagai kelanjutan program pendidikan yang sudah ada pada program sarjana. Pengembangan ini sejalan dengan perkembangan Industri Keuangan Islam (misalnya Bank Islam Asuransi Islam dan Pasar Modal Islam) secara khusus maupun praktek Ekonomi Islam secara umum, sehingga keberadaan prodi ini menjadi sangat relevan dengan upaya pemenuhan kebutuhan SDM yang kompeten dan handal di bidang Ekonomi & Keuangan Islam secara khusus maupun di bidang ilmu ekonomi secara umum.

Selama lebih dari satu dekade program ini telah berjalan dan berhasil meraih sejumlah capaian penting antara lain dalam hal akreditasi BAN-PT yaitu diraihnya Akreditasi B untuk pertama kalinya pada Tahun 20 __, kemudian meningkat menjadi Akreditasi A pada Tahun 20 __ . Capaian lainnya adalah bahwa hingga Angkatan ke- __ prodi ini telah berhasil menghasilkan lulusan lebih dari __ alumni. Sebagian besarnya alumninya, sekitar separuhnya, berkarir menjadi dosen di perguruan tinggai baik negeri maupun swasta yang tersebar dari Aceh hingga Maluku. Sejumlah alumni lainnya tersebar sebagai praktisi di sektor keuangan, baik perbankan maupun LKM seperti BMT, konsultan maupun wirausahawan.

Peluang Karir

Lulusan prodi ini dapat berkarir sebagai akademisi, peneliti dan analis Ekonomi Keuangan Islam. Disamping itu juga sejumlah alumni prodi ini bergiat di lembaga keuangan mikro islam seperti Baitul Mal wat Tamwil maupun Lembaga Zakat (LAZIS).

Syarat dan Prosedur Pendaftaran

SYARAT PENDAFTARAN

Program Magister Ekonomi Syariah dapat diikuti oleh para sarjana dengan latar belakang apapun (multi entry), baik yang sudah bekerja maupun fresh graduater.

Pengembilan formulir pendaftaran dapat dilakukan setiap saat pada jam kerja di bagian admisi. Aplikasi pendaftaran yang telah diisi dikembalikan ke admisi dengan melampirkan :

    • Tiga lembar fotokopi ijazah S1 yang dilegalisir
    • Satu lembar transkrip nilai S1 yang dilegalisir
    • Pas foto berwarna ukuran 2 x 3 dan 3 x 4, masing-masing 4 lembar
    • Fotokopi KTP
    • Fotokopi Akta Kelahiran
    • Lulus seleksi Test TPA

PROSEDUR PENDAFTARAN

Pendaftaran Periode I : Maret – Juni

Pendaftaran Periode II : September – Desember

Alur Pendaftaran :

  1. Mengambil formulir pendaftaran di admisi
  2. Mengisi dan mengembalikan formulir ke admisi disertai persyaratan
  3. Membayar biaya pendaftaran dan test TPA sebesar Rp ___ –
  4. Melakukan TPA (Test Potensi Akademik)

Komponen dan Perkiraan Biaya Studi

KOMPONEN BIAYA STUDI

Biaya Pendaftaran & Test : Rp 750.000,-

JENIS PEMBAYARAN NOMINAL
SPP semester I Rp 4.000.000,-
SPP semester II Rp 4.000.000,-
SPP semester III Rp 4.000.000,-
SPP semester IV Rp 4.000.000,-
TOTAL Rp 16.750.000,-

Catatan :

Bila pada semester V dan seterusnya mahasiswa belum lulus, maka mahasiswa tersebut setiap awal semester wajib membayar biaya herregistrasi sebesar Rp 0.000.000,- dan biaya perpanjangan tesis sebesar Rp 0.000.000,-.

Mobilitas Global

Program Studi sedang dan sudah merancang untuk melakukan Student Exchange bagi mahasiswa dengan sejumlah kampus di Malaysia, seperti Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), Universiti Putra Malaysia (UPM), Universiti Sains Islam Malaysia (USIM).

Informasi Lanjutan

Situs web Program Studi Magister Ekonomi dan Keuangan klik di sini.

M.H. – Magister (S2)

4 semester (perkiraan studi penuh waktu)

Gedung Pascasarjana – Kampus 2
UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Akreditasi Nasional :
❯ Unggul

Daftar Sekarang?

Kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu.

Perlu Bantuan

Apakah Anda menemui kesulitan atau memiliki pertanyaan seputar PMB UIN SGD?

Silakan mengakses laman FAQ (pertanyaan yang paling sering diajukan) melalui tautan di bawah ini untuk menemukan berbagai jawaban dari berbagai pertanyaan seputar PMB UIN SGD.