Berita

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM)

Program Studi Magister Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir di PONPES TAHFIZ PONDOK MODERN ILMU AL-QUR’AN (PMIQ) NURROHMAH 2

Rangkaian Kegiatan

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilakukan oleh beberapa dosen dan tenaga pendidik Program Studi Magister Ilmu Alquran dan Tafsir (IAT) UIN SGD Bandung melalui beberapa tahapan:

  • Pembukaan acara Pengabdian kepada Masyarakat oleh MC;
  • Pimpinan Ponpes Tahfiz Pondok Modern Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (PMIQ) Nurrohmah 2 dan Direktur /Wakil Direktur Pascasarjana UIN Bandung memberi sambutan pada kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM);
  • Kegiatan Sesi Pertama, yaitu pemaparan tujuan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) sebagai upaya menyebarkan ilmu dari kampus kepada masyarakat sekitar;
  • Kegiatan sesi kedua, yaitu Memahami Pesan dalam Al_Qur’an melalui Metode Tafsir Maudhu’i;
  • Kegiatan Sesi ketiga, evaluasi dan rencana tindak lanjut melalui kegiatan pleno sebagai hasil pada sesi sebelumnya;
  • Penyerahan Ucapan Terima Kasih oleh Sekretaris Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir;
  • Do’a dan Penutup acara PkM.

Hasil Kegiatan

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Program Studi Magister Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung menghasilkan beberapa capaian diantaranya:

  1. Tumbuhnya antusias dikalangan dosen, mahasiswa, santri dan masyarakat dalam memperdalam kandungan al-Qur’an
  2. Lahirnya pemahaman yang signifikan tentang beberapa metode tafsir al-Quran.
  3. Munculnya kemauan dan keinginan yang kuat dari peserta untuk memperdalam al-Qur’an dan tafsirnya.

Pelaksana, Peserta, dan Narasumber

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini memiliki 10 orang pelaksana yakni Pimpinan, Tenaga Pendidik adalah Dosen Homebase, Tenaga Kependidikan Pascasarjana UIN Bandung dan Staff Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. Sedangkan untuk peserta berjumlah 50 orang yang terdiri dari santri, dan masyarakat, data terlampir.

Dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), diundang pakar di bidang tafsir al-Qur’an yang memiliki keahlian dalam menafsirkan al-Qur’an dengan menyiapkan ateri berupa makalah, power point dan buku sebagai bahan ajar. Dalam pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dipandu oleh seorang moderator. Adapun biodata narasumber, moderator dan materi terlampir.

Waktu dan Tempat Kegiatan

Waktu pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Program studi Magister Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada tanggal 01 Maret 2022. Kegiatan ini dilakukan selama 1 kali di Ponpes Tahfiz Pondok Modern Ilmu Al-Qur’an (PMIQ) Nurrohmah 2 Jl. Pasirkaliki No 59 Desa Pasirhuni Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung.