Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerjasama

Sistem Tata Pamong


Berdasarkan Pasal 46, 47, 48, dan 49 Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2006 tentang Organisasi dan Tata Kerja UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Program Tata Pamong Studi Manajemen Pendidikan Islam Struktur struktural merupakan bagian integral dari tata pamong Program Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Struktur Organisasi Program Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung terdiri atas:

  1. Direktur Program Pascasarjana yang memiliki tugas memimpin penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian kepda masyarakat, membina tenaga pendidik dan kependidikan, mahasiswa, serta tenaga administrasi Program Pascasarjana. Direktur Program Pascasarjana diangkat dan diberhentikan oleh Rektor setelah mendapat pertimbangan Senat UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Direktur Program Pascasarjana diangkat untuk masa 4 (empat) tahun dan dapat diangkat kembali dengan ketentuan tidak lebih dari 2 (dua) kali masa jabatan berturut-turut;
  2. Ketua Program Studi memiliki tugas pokok Membantu Direktur Program Pascasarjana dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi pada Program Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung, antara lain menyelenggarakan pelaksanaan dosen dan memimpin kegiatan akademik berupa kegiatan pembelajaran sesuai dengan standar kualifikasi akademik yang telah ditetapkan. Ketua Program Studi Diangkat dan diberhentikan oleh Rektor atas usul Direktur Program Pascasarjana;
  3. Sub-bagian Tata Usaha melakukan tugas administrasi umum, perlengkapan, kepegawaian, keuangan, pendidikan, dan kemahasiswaan Program Pascasarjana;
  4. Dosen memiliki tugas pokok memimpin pelaksanaan kegiatan belajar dan berkewajiban memfasilitasi mahasiswa dan mencapai kompetensi keilmuan serta mengevaluasi hasil belajar mahasiswa;
  5. Mahasiswa adalah peserta didik yang telah memenuhi semua persyaratan untuk belajar dan menuntut ilmu di lingkungan Program Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung serta memiliki hak dan kewajiban yang diatur oleh ketentuan yang berlaku.

Sistem Kepemimpinan


  1. Sistem pemilihan para pejabat di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengedepankan meritokrasi (berbasis demokrasi dan kinerja) sistem sehingga sangat memungkinkan terpilihnya pejabat dan kepemimpinan yang terbaik;
  2. Adanya standar minimum kompetensi bagi seseorang yang dapat diangkat sebagai pengajar atau ditugaskan dalam suatu jabatan di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung;
  3. Evaluasi kinerja dosen maupun para pejabat di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung dilaksanakan secara rutin dan terjadwal;
  4. Terdapat standar kompetensi dan peraturan kepegawaian yang memungkinkan pengelolaan ketenagaan bertanggung jawab dan adil.
  5. Pengelolaan ketenagaan dilaksanakan oleh akuntabel, terencana dan berpegang teguh pada prinsip-prinsip profesionalisme, disiplin, kejujuran dan ketaatan.

Sistem Pengelolaan


Sistem Pengelolaan fungsional dan opeasional Program Studi mencakup perencanaan, pengembangan staf, pengawasan, pengarahan, representasi, dan penganggaran.

Masing-masing unit pengelola di Lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung diberi hak otonomi dalam menyusun renstra, rencana pengembangan dan Standar Operasional Prosedur (SOP). Universitas memiliki kewenangan untuk mengevaluasi dan meminta pertanggungjawaban unit pengelola atas segala aktivitas yang berkaitan dengan pelaksanaan hak otonomi tersebut.

Sebagai wujud implementasi dari tata pamong dilakukan sistem pengelolaan fungsional dan operasional Program Studi. Sistem pengelolaan meliputi upaya perencanaan, pengorganisasian, pengembangan staf, pengarahan, pengawasan, monitoring, dan evaluasi baik pada proses pendidikan maupun penggunaan sumber daya pendidikan untuk mendorong pelaksanaaan Tridarma Perguruan Tinggi yang efisien dan efektif sehingga mampu menjamin berkembangnya kebebasan akademis dan otonomi keilmuan dan mendorong kemandirian dalam pengelolaan akademik, operasional, personalia, dan keuangan.

Kerjasama

NoLembaga MitraTingkatJudul KerjasamaDurasiWaktu Berakhir
1UIN Raden Intan LampungNasionalProgram Pengembangan Akademik, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat.5 Tahun2023
2STIT Nusantara BekasiNasionalPeningkatan Sumber Daya Manusia dalam Kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi3 Tahun2021
3STIT Pringsewu LampungNasionalProgram Pengembangan Akademik, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat.5 Tahun2023
4UIN Alauddin MakassarNasionalProgram Pengembangan Akademik, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat.4 Tahun2021
5Universitas Muhammadiyah MagelangNasionalProgram Pengembangan Akademik, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat5 Tahun2023
6Institut Agama Islam An-Nur LampungNasionalProgram Pengembangan Akademik, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat.5 Tahun2023
7IAIN SurakartaNasionalProgram Pengembangan Akademik, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat4 Tahun2023
8Tunku Abdul Rahman University College (TAR UC), MalaysiaInternasionalAcademic Exchange and Cooperation Between the Indicated Parties of the Two Universities3 Tahun2020
9Institut Iqra’ Bintulu (IIQ) Sarawak Malaysia InternasionalPenyelenggaraan Penerimaan Mahasiswa Baru Melalui Jalur Kerjasama1 Tahun2018
10Prince of Songkla University, ThailandInternasionalPromote and Develop International and Research Cooperation3 Tahun2019
11Le Groupe Des Instituts Nationaux Des Sciences Appliquées (Groupe Insa), Française InternasionalLa Recherche Et Le Renforcement Des Compeences1 Tahun2017
12University of Wisconsin – Madison, USAInternasionalProgram Pengembangan Akademik, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, serta kerjasama Internasional di bidang ilmu pengetahuan3 Tahun2021
13Universitas Jinan, LebanonInternasionalMempromosikan dan mengambangkan hubungan persahabatan dalam membangun kerjasama internasional di bidang ilmu pengetahuan2018