Beranda

Selamat Datang di Program Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung (UIN SGD Bandung) sebagai lembaga pendidikan dan pengajaran tinggi agama Islam, memiliki tanggung jawab besar untuk ikut serta mengembangkan ilmu keislaman dan kemasyarakatan, serta memecahkan berbagai masaah yang dihadapi dalam proses pembangunan. Atas dasar kesadaran dan tanggung jawab tersebut, UIN SGD Bandung, dari waktu ke waktu, terus berusaha melakukan perbaikan, khususnya di bidang akademik.

Kebutuhan masyarakat akan tersedianya tenaga ahli dan kesadaran tentang pentingnya peningkatan pengembangan kualitas akademik, menjadi titik tolak perbaikan kualitas pelayanan UIN SGD Bandung dalam penyelenggaraan Program Pascasarjana. Penyelenggaraan Program Pascasarjana sudah berjalan dengan baik dan harus ditingkatkan dalam hal pelayanan akademik secara komprehensif dan berkesinambungan.

Gedung Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Pembukaan Pascasarjana UIN SGD Bandung dirintis dan dimulai sejak lembaga ini masih berstatus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) pada tahun 1997. Pada awal rintisan, pembukaan Pascasarjana baru sebatas program Magister (S2) dengan prodi Ilmu Agama Islam. Hal ini didasarkan atas surat keputusan Menteri Agama Nomor 139 tahun 1997 tentang izin pembukaan program Magister (S2) dengan prodi Ilmu Agama Islam pada IAIN SGD Bandung. Sedangkan, untuk program Doktor (S#) baru dibuka pada tahun 2004 dengan dua prodi sekaligus, yaitu prodi Hukum Islam dan prodi Pendidikan Islam. Selang beberapa tahun kemudian, Kementerian Agama melalui Direktorat Jendral Pendidikan Islam menerbitkan kembali izin pembukaan prodi Filsafat Agama untuk program Doktor (S3) pada tahun 2011 dan prodi Perbandingan Agama (S3) pada tahun 2013.

Seiring dengan meningkatnya animo dan respon masyarakat terhadap jenjang pendidikan S2 dan S3, saat ini di Pascasarjana UIN SGD tidak kurang ada 4 prodi untuk jenjang S3 dan 12 prodi untuk jenjang S2, antara lain:

  1. Magister (S2) Ilmu Hukum
  2. Magister (S2) Ekonomi Islam
  3. Magister (S2) Studi Agama-Agama
  4. Magister (S2) Pendidikan Agama Islam
  5. Magister (S2) Hukum Keluarga
  6. Magister (S2) Manajemen Pendidikan Islam
  7. Magister (S2) Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir
  8. Magister (S2) Ilmu Hadits
  9. Magister (S2) Pendidikan Bahasa Arab
  10. Magister (S2) Komunikasi Penyiaran Islam
  11. Magister (S2) Hukum Ekonomi Syari’ah
  12. Magister (S2) Sejarah Peradaban Islam
  13. Magister (S3) Hukum Islam
  14. Magister (S3) Pendidikan Islam
  15. Magister (S3) Studi Agama-Agama
  16. Magister (S3) Filsafat Agama