Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung (UIN SGD Bandung) sebagai lembaga pendidikan dan pengajaran tinggi agama Islam, memiliki tanggung jawab besar untuk ikut serta mengembangkan ilmu keislaman dan kemasyarakatan, serta memecahkan berbagai masalah yang dihadapi dalam proses pembangunan. Atas dasar kesadaran dan tanggung jawab tersebut, UIN SGD Bandung, dari waktu ke waktu, terus berusaha melakukan perbaikan, khususnya di bidang akademik.

Pelaksanaan kegiatan akademik Prodi S2 Ekonomi Islam mengacu pada Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Visi Misi Prodi S2 Ekonomi Islam Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kegiatan di bidang akademik tersebut bertujuan untuk menunjang proses pembelajaran bagi civitas akademika, terutama Prodi S2 Ekonomi Islam dan untuk lebih membekali pengetahuan, pemahaman dan keterampilan yang terkait dengan core keilmuan dan keterampilan Prodi S2 Ekonomi Islam. Kegiatan akademik ini dilaksanakan berdasarkan kebutuhan dan keperluan yang berkembang di lingkungan akademik maupun lingkungan realitas masyarakat.

Program Studi S2 Ekonomi Islam berada di bawah naungan Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Diselenggarakan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Islam, Nomor. Dj.l/53/2011. Program studi ini dilaksanakan pada jenjang Magister S2 dengan muatan SKS sebanyak 58 SKS. Program Studi Ekonomi Islam, sebagai salah satu disiplin ilmu lebih menekankan pada kajian ilmu Ekonomi berbasis Islam yang bertumpu pada empat peminatan yang ditawarkan, yaitu: Akuntansi Syariah, Ekonomi keuangan dan Perbankan Syariah, Manajemen Syariah, dan Ekonomi Pembangunan.